Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Manajer Timnas Indonesia U-22 Kombes Pol Sumardji. (Antara)

Bolatimes.com - Kepala Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menegaskan bahwa tidak ada perlakuan khsusus untuk pemain diaspora untu masuk skuad Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023 nanti. Jika memang tak oke, maka dicoret seperti peserta seleksi lokal lainnya.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-17 saat ini sedang menjalani TC di Jakarta sampai 28 Agustus 2023. Pemusatan latihan digelar untuk menjaring pemain-pemain yang akan tampil di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.

Untuk tahap pertama ini, dipanggil 34 pemain, di mana enam di antaranya adalah pemain diaspora alias pemain keturunan yang saat ini bermain di luar negeri.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Borong Gol, KMSK Deinze Apresiasi Wonderkid Timnas Indonesia

Mereka adalah Welberlieskott de Halim Jardim, Madrid Augusta, Mahesa Ekayanto, Staffan Qabiel Horrito, Aaron Liam Suitela, dan Aaron Nathan Ang.

Kabar teranyar, sampai dengan Sabtu (15/7/2023) kemarin, satu pemain diaspora belum bergabung TC yakni Jardim. Meski keenam pemain tersebut merumput di luar negeri, Sumardji memastikan tak ada jaminan mereka masuk ke tim.

Pelatih kepala Bima Sakti dan tim kepelatihan Timnas Indonesia U-17 akan melihat kemampuan mereka secara langsung dalam seleksi ketat yang dilakukan. Jika tak sesuai kriteria, Bima Sakti takkan ragu mencoret pemain diaspora ini.

Baca Juga:
Pemanasan Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia U-17 Bakal Tantang Barcelona

"Kalau memang itu bagus, kita pakai. Kalau enggak layak, kita kembalikan lagi," kata Sumardji kepada awak media, Minggu (16/7/2023).

Selain melihat pemain dalam TC di Jakarta, ada seleksi yang dilakukan di beberapa wilayah Tanah Air. Nantinya pemain-pemain yang lolos sesuai kriteria akan dikumpulkan di Jakarta menjadi satu tim.

Bima Sakti juga menerapkan sistem promosi dan degradasi pada setiap pekannya. Ini dilakukan supaya memberikan kesempatan kepada para pemain lain yang belum mendapat panggilan.

Baca Juga:
Kata-kata Claudia Scheunemann usai Jadi Pemain Terbaik dan Top Skor Piala AFF U-19 Wanita 2023

"Sehingga nanti akan terpilih 40 anak yang betul-betul siap untuk kita bawa ke pemusatan latihan di Jerman dan Qatar," pungkas Sumardji.

Piala Dunia U-17 2023 sendiri akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember nanti di Tanah Air.

Baca Juga:
Maciej Gajos Tanya-tanya ke Egy Maulana dan Witan Sulaeman Dulu sebelum Gabung Persija Jakarta

Load More