Rauhanda Riyantama
Ketum PSSI, Erick Thohir, saat meninjau langsung JIS. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Polemik renovasi Jakarta International Stadium (JIS) untuk Piala Dunia U-17 2023 kian memanas. Kini muncul rumor bahwa renovasi stadion tersebut akan menelan anggaran Rp5 triliun.

Terkait kabar tersebut, Ketum PSSI Erick Thohir dengan tegas membantah. Ia bahkan menyebut informasi tersebut sebagai pembohongan publik.

"Standar FIFA bukan standar PSSI. Saya mau menambahkan karena kemarin juga banyak komentar. Kita lihat banyak juga isu di sosmed yang sangat tidak benar," kata Erick Thohir di Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Baca Juga:
BRI Liga 1 Tak Libur Saat Timnas Indonesia Tampil di Piala AFF U-23 dan Asian Games

"Kalau media kan ada check and balance, saya sangat terganggu ketika stadion JIS itu renovasinya [disebut bisa menelan] dengan angka Rp4,5 triliun. Mau direnovasi 5 triliun, ini pembohongan publik yang luar biasa," tambahnya.

JIS memang tengah ramai dibicarakan setelah pemerintah berencana untuk melakukan renovasi agar stadion tersebut bisa lolos sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17 2023.

Meski dibangun dengan standar tinggi, JIS dinilai masih butuh perbaikan dari segi fasilitas penunjang seperti akses masuk dan kantung parkir yang diperbanyak.

Baca Juga:
Jadi Top Skor Sementara Piala AFF Wanita U-19, Striker Indonesia Berdarah Jerman Beri Respons Tak Terduga

Selain itu, kabar terbaru menyebut kualitas rumput JIS juga diklaim tidak memenuhi standar FIFA dan harus segera diperbaiki agar siap digunakan saat Piala Dunia U-17 2023 bergulir pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Erick Thohir menjelaskan sama sekali tidak ada niatan politik dalam urusan renovasi JIS. Ia menyebut apa yang dilakukan PSSI bersama pemerintah pusat dan daerah adalah demi menjadikan JIS berstandar internasional dan FIFA.

Bukan cuma JIS, ada 22 stadion di Indonesia yang akan direnovasi. Oleh sebab itu, eks presiden Inter Milan tersebut meminta polemik soal renovasi JIS segera dihentikan.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 2023 Hari Ini: Ada Persebaya Surabaya vs Barito Putera hingga Borneo FC vs Bali United

"Pak Anies (Baswedan) sendiri sudah bicara. ‘Stadion JIS milik Indonesia, milik bangsa kita dan terbuka untuk diperbaiki’. Nah sama, kita ini datang ke sana, bukan mempolitisasi aset yang ingin diperbaiki. Itu bukan hanya JIS, ada 22 stadion yang akan diperbaiki. Kalau dibilang anggarannya JIS saja 5 triliun, salah. 22 stadion itu anggarannya 1,9 triliun," ucapnya.

"Saya mohon rekan-rekan media membantu polemik yang tidak penting. Kan kita ingin perbaiki ini sama-sama agar sukses Piala Dunia U-17 2023. Ada yang bilang juga U-20 dan U-17 berbeda, ya tapi tetep aja kejuaraan dunia."

"Memang kita mau gagal lagi? masa sudah diberi kesempatan digagalkan lagi oleh diri sendiri. Bangsa apa kita ketika gagal marah-marah, menang berjibaku saling menyalahkan."

Baca Juga:
Piala AFF Wanita U-19: Timnas Putri U-19 Comeback Manis Lawan Laos

"Saya harap ini perdebatan yang tidak bermanfaat. Kami di sini PSSI jamin kita ingin perbaikan sepak bola tidak dalam konteks politik. Ini benar niat baik sama-sama perbaiki," pungkasnya.

Load More