Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, mengisyaratkan bakal kembali menggunakan staf kepelatihannya di Timnas U-16 saat membangun skuad untuk Piala Dunia U-17 2023.

Bima Sakti mengatakan, komposisi staf pelatih Timnas Indonesia U-17 pada Piala Dunia U-17 2023 tak akan jauh berbeda dengan staf pelatih Timnas U-16 yang sukses menjuarai Piala AFF U-16 2022.

“Staf sebagian besar dari Timnas Indonesia U-16 yang juara Piala AFF U-16 2022. Kemudian ada perubahan beberapa orang juga, tetapi juga ada penambahan,” kata Bima Sakti.

Baca Juga:
Berkaca Ucapan Thomas Doll, Ini 3 Pemain Indonesia yang Layak Berkarier di Liga Jerman

Jika merujuk pada staf kepelatihan Timnas Indonesia U-16 tahun lalu, Bima Sakti setidaknya dibantu oleh empat staf pelatih utama. Mereka mendapatkan tugas masing-masing yang cukup spesifik.

Misalnya, Bima Sakti yang juga bertugas sebagai pelatih kepala akan menangani sektor lini tengah. Sebab, saat masih aktif bermain, lelaki berusia 47 tahun ini merupakan seorang gelandang.

Sementara itu, asisten pelatih yang pertama, Indriyanto Nugroho, bertugas untuk membimbing para penyerang Timnas Indonesia U-16. Indriyanto merupakan seorang striker legendaris pada masanya.

Baca Juga:
Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Babak Pertama Zona Asia Digelar 27 Juli, Ini 9 Calon Lawan Timnas Indonesia

Lalu, untuk sektor pertahanan, asisten pelatih yang bertugas di Timnas Indonesia U-16 ialah Firmansyah. Mantan bek Timnas Indonesia ini secara khusus membimbing Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan.

Di posisi penjaga gawang, pelatih yang bertugas ialah Markus Horison. Kiper yang membantu Timnas Indonesia melaju hingga final Piala AFF 2010 ini  

Yang terakhir, untuk urusan menggenjot fisik pemain, Bima Sakti mendapat bantuan dari Gilang Ramadhan. Kemungkinan besar nama-nama pelatih inilah yang nantinya akan kembali membantu Bima Sakti di Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga:
Tak Asal Pilih, PSSI Ungkap Kriteria Pemain Keturunan yang Cocok untuk Timnas Indonesia U-17

Susunan Staf Pelatih Timnas Indonesia U-16

Pelatih Kepala: Bima Sakti

Asisten Pelatih: Indriyanto Nugroho, Firmansyah

Baca Juga:
Terkuak! Alasan Kenapa Witan Sulaeman Selalu Dapat Panggilan Timnas Indonesia di Era Shin Tae-yong

Pelatih Kiper: Markus Horison

Pelatih Fisik: Gilang Ramadhan

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More