Irwan Febri Rialdi
Striker Persis Solo Ramadhan Sananta. (Instagram/@persisoffiicial)

Bolatimes.com - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, memberikan pernyataan yang sangat mengejutkan soal potensi pesepak bola Indonesia yang dianggap layak untuk berkarier di Liga Jerman.

Hal itu disampaikan Thomas Doll saat menjalani sesi wawancara eksklusif dengan media asal Malaysia, Astro Arena. Pelatih asal Jerman itu ternyata memiliki anggapan yang keliru soal sepak bola Indonesia.

Menurut Thomas, saat pertama kali mendengar Indonesia, dia tak menganggap ada gairah sepak bola yang luar biasa. Namun, anggapan itu berubah setelah dia menjadi pelatih Persija Jakarta.

Baca Juga:
Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Babak Pertama Zona Asia Digelar 27 Juli, Ini 9 Calon Lawan Timnas Indonesia

Bahkan ia tak segan-segan kalau pemain Indonesia layak menjajal Liga Jerman di masa depan. Menurut Doll, ada banyak pemain Indonesia yang bisa berkarier di Jerman, setidaknya di kasta kedua. 

“Pandangan saya kepada sepakbola Indonesia telah berubah. Sebelum saya datang ke sini, saya kira sepak bolanya biasa saja,” kata Doll kepada Astro Arena, via Makan Bola.

“Namun setelah di sini, saya melihat banyak aksi luar biasa dan para pemain bertalenta. Ada sejumlah pemain yang bisa bermain di kasta kedua Liga Jerman," tambahnya.

Baca Juga:
Tak Asal Pilih, PSSI Ungkap Kriteria Pemain Keturunan yang Cocok untuk Timnas Indonesia U-17

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pesepak bola Indonesia yang layak berkarier di Liga Jerman seperti pernyataan Thomas Doll.

1. Rizky Ridho

Kapten Timnas Indonesia U-22 Rizky Ridho usai kalahkan Thailand di final SEA Games 2023. (Instagram/@rizkyridhoramdani)

Salah satu pemain muda potensial yang saat ini berada di bawah asuhan Thomas Doll ialah Rizky Ridho. Bek Timnas Indonesia ini baru saja ditransfer Persija Jakarta dari Persebaya Surabaya.

Baca Juga:
Terkuak! Alasan Kenapa Witan Sulaeman Selalu Dapat Panggilan Timnas Indonesia di Era Shin Tae-yong

Usia Ridho memang masih sangat muda. Bek asal Surabaya ini baru berumur 21 tahun. Namun, dia sudah menjadi pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sebab, ia telah membukukan 23 pertandingan internasional.

Apabila Ridho bisa terus mengembangkan potensinya di bawah arahan Thomas Doll, bukan tidak mungkin kapten Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 ini bisa melanjutkan kariernya di luar negeri.

2. Asnawi Mangkualam

Baca Juga:
Bak Langit dan Bumi, Harga Pasar Marselino Ferdinan dan Wonderkid Singapura di KMSK Deinze Beda Jauh

Momen duel Asnawi Mangkualam vs Alejandro Garnancho. (Dok. PSSI)

Salah satu pemain andalan Timnas Indonesia yang sampai saat ini masih konsisten berkarier di luar negeri ialah Asnawi Mangkualam. Setelah meninggalkan Ansan Greeners, kini dia berkiprah bersama Jeonnam Dragons.

Asnawi Mangkualam merupakan tipe pemain yang punya mentalitas luar biasa. Dia juga punya daya juang yang luar biasa, sehingga tak pernah gentar menghadapi siapa pun lawan yang dihadapi.

Asnawi tentu punya potensi berkarier di Liga Jerman. Apalagi, dia sudah tampil reguler di kasta kedua Liga Korea Selatan.

3. Ramadhan Sananta

Selebrasi Ramadhan Sananta usai menjebol gawang Jeonbuk Hyundai Motors. (Instaram/@persisofficial)

Selanjutnya, ada penyerang muda potensial yang digadang-gadang menjadi striker andalan Timnas Indonesia di masa depan. Sosok pemain yang dimaksud ialah penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta. 

Striker yang baru berusia 20 tahun ini musim lalu menjadi pemain lokal tersubur di Liga 1 2022-2023 ketika membantu PSM Makassar meraih gelar juara. Saat tampil bersama Timnas Indonesia U-22, dia juga sukses menjadi top scorer SEA Games 2023.

Potensi besar yang dimiliki Ramadhan Sananta inilah yang membuatnya layak mendapatkan kesempatan untuk berkarier di Liga Jerman, meskipun harus memulainya dari kompetisi kasta kedua.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More