Husna Rahmayunita
Bek Timnas Indonesia Rizky Rido, Jordi Amat dan Elkan Baggott saat lawan Burundi, Sabtu (25/3/2023). (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Berikut tiga pemain keturunan yang sempat dihujat pendukung Timnas Indonesia, usai munculnya klaim Saddil Ramdani bahwa para pemain keturunan adalah pendatang dan amat dielu-elukan.

Beberapa hari ke belakang, jagat sepak bola Indonesia dihebohkan dengan komentar kontroversial Saddil Ramdani di media sosial Instagram.

Komentar kontroversial itu diberikan oleh winger Sabah FC tersebut saat membalas komentar seorang netizen di salah satu postingan.

Baca Juga:
Usai Argentina, Pelatih Brasil Berharap Erick Thohir Undang Negaranya Lawan Timnas Indonesia

“Ngomongin di timnas, woi kalian yang sebenarnya menghancurkan mental-mental. Para pemain seharusnya kalian support dan dukung kebanggaan kita semua. Yang kalian dukung hanya pendatang dan dielu-elukan,” bunyi penggalan komentar Saddil.

Komentar tersebut pun kemudian menjadi buah bibir. Sebab, pemain berusia 24 tahun itu secara blak-blakan menyindir pemain naturalisasi.

Usut punya usut, sindiran ini dimulai dari kritikan netizen terhadap performa Saddil di Timnas Indonesia yang berbanding terbalik dengan performanya di Sabah FC.

Baca Juga:
Ngamuk Dikritik Netizen Melempem di Timnas, Coach Justin Minta Saddil Ramdani Turunkan Ego

Di Sabah FC, eks Persela Lamongan ini mampu tampil apik musim ini. Namun di Timnas Indonesia, performanya dianggap jeblok oleh sebagian pecinta sepak bola Tanah Air.

Karena geram dengan kritikan dan kerap jadi sasaran netizen itulah, Saddil pun memberikan komentar menohok tersebut.

Berbicara soal pemain keturunan atau naturalisasi yang diklaim Saddil kerap dielu-elukan, nyatanya klaim tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Baca Juga:
Berposisi Winger, Dua Pemain Keturunan Dirumorkan Didekati PSSI untuk Bela Timnas Indonesia

Sebab, ada beberapa pemain keturunan atau naturalisasi yang juga sempat dihujat netizen pendukung Timnas Indonesia.

Siapa saja para pemain tersebut? Berikut daftarnya.

1. Elkan Baggott

Baca Juga:
Momen Shin Tae-yong Main di Piala Dunia U-17: Tiga Tim Dibikin Tak Berkutik

Bek muda Timnas Indonesia, Elkan Baggott, pernah menjadi sasaran hujatan netizen medio 2020 lalu, saat dirinya dilaporkan menolak menerima panggilan Timnas Indonesia.

Saat itu, bek Ipswich Town ini dilaporkan menolak karena situasi pandemi. Namun netizen berasumsi bahwa penolakan itu karena Piala Dunia U-20 yang rencananya dihelat pada 2021, batal digelar karena pandemi.

Tak ayal, Elkan Baggott mendapat hujatan di akun Instagram-nya. Namun hujatan ini mereda DAN berbalik menjadi pujian setelah ia resmi menjadi WNI dan tampil apik bagi Timnas Indonesia.

2. Jordi Amat

Jordi Amat juga pernah menjadi sasaran hujatan netizen Indonesia, saat dirinya hendak dinaturalisasi pada 2022 lalu.

Saat itu, ia dihujat karena memutuskan tak membela KAS Eupen dan bergabung Johor Darul Ta’zim. Hujatan kian menjadi-jadi karena adanya rumor naturalisasinya hanya menguntungkan klub Malaysia itu.

Namun hujatan ini pun mereda setelah Jordi Amat memberikan klarifikasinya dan resmi menjadi WNI. Apalagi setelah ia tampil apik bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 lalu.

3. Shayne Pattynama

Terbaru ada nama Shayne Pattynama yang mendapat hujatan dari netizen Indonesia karena penampilannya kala melawan Argentina.

Shayne Pattynama yang baru debut di Timnas Indonesia, menjadi sasaran kritik karena dianggap tampil buruk untuk ukuran pemain naturalisasi.

Hujatan dan kritik ini pun kemudian banyak dipatahkan oleh netizen lainnya karena Shayne Pattynama belum lama bergabung dan debutnya dilakoni melawan tim peringkat pertama dunia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More