Husna Rahmayunita
Aksi Dimas Drajad saat laga Timnas Indonesia vs Palestina. (PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia terancam tak bisa melakoni laga persahabatan FIFA Matchday pada Oktober 2023 lantaran jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut FIFA Matchday untuk edisi Oktober sulit diadakan. Hal itu disampaikannya ketika menanggapi kabar Timnas Indonesia uji coba lawan Malaysia.

Erick Thohir menyatakan pihaknya sangat memperhitungkan banyak faktor dalam penyelenggaraan FIFA Match Day, karena pertandingan-pertandingan tersebut tujuan utamanya adalah mencari poin untuk mendongkrak posisi Indonesia dalam daftar peringkat FIFA.

Baca Juga:
Segera Diumumkan, Siapa Pelatih Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023?

Di samping ada agenda Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda mesti memulai dari babak pertama, di mana laga tersebut diperkirakan digelar pada Oktober 2023.

"Suka tidak suka untuk FIFA match day tahun ini di bulan Oktober itu sulit diadakan. Karena ada World Cup Qualifying," tutur Erick Thohir dalam konferensi pers yang berlangsung di Gedung Danareksa, Jakarta, Jumat sore.

"Kita berbeda dengan Malaysia, Malaysia langsung bermain di stage berikutnya, bulan November. Artinya kita harus main dulu Oktober, bismillah menang, kita main di November," tambahnya.

Baca Juga:
Indonesia Ditunjuk FIFA Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Media Malaysia Sewot

Adapun untuk September 2023, PSSI akan disibukkan oleh kualifikasi Piala AFC U-23 yang akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah.

Kejuaraan itu menjadi penting sebab seandainya mampu lolos ke putaran final, Indonesia berpeluang merebut satu tiket Olimpiade Paris 2024 seandainya mampu finis di posisi tiga besar.

Meski demikian Erick Thohir menegaskan bahwa pada September, timnas Indonesia tetap akan memainkan pertandingan.

Baca Juga:
Jadwal Semifinal AVC Challenge Cup 2023: Timnas Voli Putri Indonesia vs Taiwan

"Jadi yang saya pastikan di bulan September ada, tunggu saja, kita sedang kirim surat ke empat sampai delapan negara, tapi sudah pasti tentu kita mencari poin," kata Erick Thohir.

"Untuk tahun depan, saya gak bisa bicara hari ini. Karena ingat, kalau Oktober -November menang, bismillah, main lagi bulan Maret World Cup Qualifying, kalau Maret menang, main lagi Juni, kalau menang lagi main lagi September. Terus karena ini kualifikasi sampai Kejuaraan Dunia 2026," sambungnya.

(Antara)

Baca Juga:
Momen Makan Witan Sulaeman di Timnas Indonesia, Porsi Jumbo Jadi Sorotan Netizen: Laper Banget Kayaknya

Load More