Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti dan Kurniawan Dwi Yulianto saat melawan Thailand di Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Thailand, Sabtu (17/11/2018) (AFF)

Bolatimes.com - Siapa pelatih Timnas Indonesia U-17 untuk mengarungi di Piala Dunia U-17 2023? Kiranya pertanyaan tersebut segera terjawab.

Timnas Indonesia U-17 dipastikan menjadi kontestan Piala Dunia U-17 2023 menyusul keputusan terbaru dari FIFA.

Pada Jumat (24/6/2023), FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan tersebut melalui keterangan resminya.

Baca Juga:
Indonesia Ditunjuk FIFA Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Media Malaysia Sewot

Sebagai tuan rumah, Indonesia secara otomatis berhak tampil di Piala Dunia U-17 yang menurut jadwal berlangsung pada 10 November-2 Desember 2023.

Di sisi lain, pelatih dan skuad untuk timnas U-17 pun dipertanyakan. Mengingat saat ini Shin Tae-yong dan Indra Sjafri sudah memiliki tugas dan agenda sendiri bersama timnas.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir rencananya akan mengumumkan serba-serbi penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Adapun untuk penyelenggaraannya kemungkinan tak begitu sulit bagi Indonesia.

Baca Juga:
Jadwal Semifinal AVC Challenge Cup 2023: Timnas Voli Putri Indonesia vs Taiwan

Pasalnya, sebelumnya, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang pada akhirnya digeser ke Argentina akibat muncul gelombang penolakan terhadap kepesertaan Timnas Israel.

Enam stadion yang sudah melalui tahap renovasi disiapkan di mana kini bisa dipakai untuk Piala Dunia U-17 2023.

Venue tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Baca Juga:
Momen Makan Witan Sulaeman di Timnas Indonesia, Porsi Jumbo Jadi Sorotan Netizen: Laper Banget Kayaknya

Namun, kemungkinan hanya ada empat venue yang dipakai untuk Piala Dunia U-17.

Diprediksi venue dengan kapasitas penonton besar tak digunakan mengingat ini adalah turnamen kelompok umur meski cukup bergengsi.

Sementara dari segi kesiapan Timnas Indonesia U-17, PSSI kemungkinan memilih Bima Sakti sebagai pelatih.

Baca Juga:
AVC Challenge Cup 2023: Timnas Voli Putri Indonesia versus Taiwan di Semifinal

Sebab, Shin Tae-yong difokuskan untuk tim nasional senior untuk kejuaraan seperti kualifikasi Piala Dunia hingga Piala Asia. Sedangkan di level U-23, dipegang oleh Indra Sjafri.

Ada kejuaraan seperti Piala AFF U-23 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang harus dijalani Timnas Indonesia U-17.

Adapun sampai dengan saat ini seperti dilansir keterangan PSSI, Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November sampai 2 Desember mendatang. Namun, ini bisa saja berubah mengingat masih belum adanya keterangan resmi.

Load More