Irwan Febri Rialdi
Wasit Iwan Sukoco. (Dok. Borneo FC)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan bahwa hanya ada 18 wasit yang nantinya akan bertugas di Liga 1 2023-2024. Dari semua nama ini, beberapa wasit yang cukup terkenal ternyata tak lolos seleksi

Seleksi wasit Liga 1 2023-2024 dilakukan bersama Federasi Sepak Bola Jepang (JFA). Setidaknya, ada 55 wasit yang mengikuti seleksi untuk memimpin Liga 1. Namun, tak semuanya lolos seleksi

Dari yang lolos itu 18 peringkat teratas akan memimpin pertandingan Liga 1. Sisanya akan bertugas di Liga 2 pada peringkat 15-24.

Baca Juga:
10 Pemain ASEAN di Liga 1 2023/2024, Negara yang Belum Pernah Juara Piala AFF Ini Laku Paling Keras

Dalam daftar 18 wasit itu, ada beberapa nama wasit yang tak muncul. Padahal, wasit-wasit ini kiprahnya sudah cukup dikenal di Indonesia. Beberapa di antaranya bahkan telah mengantongi lisensi FIFA.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan wasit terkenal yang gagal lolos seleksi untuk memimpin pertandingan Liga 1 musim depan.

1. Iwan Sukoco

Baca Juga:
4 Wasit Berlisensi FIFA yang Gagal Lolos Seleksi di Liga 1 2023-2024, Ada Pengadil Indonesia vs Argentina

Iwan Sukoco merupakan salah satu wasit terkenal yang tak lolos seleksi. Lelaki asal Malang, Jawa Timur, ini juga berstatus sebagai wasit senior di sepak bola Indonesia.

Kariernya sudah dimulai sejak 2009. Wasit yang berstatus sebagai anggota TNI ini juga pernah mendapat penghargaan sebagai wasit terbaik ISL 2013-2014. Namun, kepemimpinannya juga sering diwarnai keputusan kontroversial.

2. Aprisman Aranda

Baca Juga:
Kejutan, Arab Saudi Dikabarkan Mundur dari Bursa Calon Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Secara mengejutkan, wasit asal Indonesia yang telah mengantongi lisensi FIFA, Aprisman Aranda, gagal lolos seleksi untuk memimpin jalannya Liga 1 musim depan.

Padahal, Aprisman Aranda punya rekam jejak yang panjang di level internasional. Dia juga berstatus sebagai wasit Indonesia termuda yang memiliki lisensi FIFA, tepatnya sejak 2020.

3. Oki Dwi Putra

Baca Juga:
Profil Lee Man FC, Klub Muda Hong Kong yang Jadi Lawan Bali United di Play-off Liga Champions Asia

Wasit terkenal lainnya yang gagal menembus seleksi untuk menjadi perangkat pertandingan di Liga 1 musim depan ialah Oki Dwi Putra. Wasit asal Bandung ini memang namanya sudah tak asing.

Dia telah mendapatkan lisensi FIFA sejak 2010. Namun, karena tak diperbarui, lisensi itu sudah tak lagi dipegang lelaki berusia 39 tahun tersebut.

4. Mustofa Umarella

Selanjutnya, ada nama Mustofa Umarella yang akan absen pada Liga 1 musim depan karena tak lolos seleksi. Dia sudah memimpin jalannya kompetisi kasta tertinggi sejak 2016.

Mustofa Umarella merupakan salah satu wasit yang sebetulnya berkualitas. Sebab, dia pernah mendapat penghargaan Wasit Terbaik Piala Presiden 2017 dan Wasit Terbaik Liga 1 2017.

5. Fariq Hitaba

Wasit dengan lisensi FIFA lainnya yang dipastikan tak akan memimpin jalannya Liga 1 musim depan ialah Fariq Hitaba. Lisensi tertinggi ini diperoleh sejak 2020.

Pada musim lalu, dia mendapatkan 10 kali penugasan untuk memimpin jalannya Liga 1, termasuk empat laga yang dijalani Persib Bandung.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More