Rauhanda Riyantama
Aksi Pratama Arhan saat melakukan lemparan maut (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Beredar informasi bahwa nama Pratama Arhan makin mendunia dan kini menjadi incaran klub-klub Inggris dan Spanyol. Benarkah informasi tersebut?

Informasi itu diedarkan oleh kanal YouTube GARUDA JAYA yang terlihat dari Thumbnail dan judul yang digunakan untuk videonya.

Dalam Thumbnail video tersebut, tertulis bahwa Pratama Arhan gencar dibicarakan media dunia dan diincar klub Inggris dan Spanyol karena hampir menjebol gawang Argentina yang diperkuat dengan judulnya.

Baca Juga:
Fenerbahce Resmi Datangkan Striker Inter Milan, Ini Sosoknya

“PRATAMA ARHAN MENDUNIA!! Jadi Incaran Klub-Klub Raksasa Inggris & Spanyol - Indonesia Vs Argentina,” bunyi judul video unggahan GARUDA JAYA pada Selasa (20/6).

Hingga artikel ini dibuat, Kamis (22/6), video tersebut telah ditonton sebanyak 13 ribu kali dan menuai komentar dari netizen Tanah Air.

PENJELASAN

Baca Juga:
Janji Jordi Amat usai Timnas Indonesia Gagal Menang di FIFA Matchday Lawan Palestina dan Argentina

Video dibuka dengan narasi lemparan ke dalam Pratama Arhan yang hampir menjebol gawang Argentina dan membuatnya dilirik dua klub besar Inggris.

Kemudian video diteruskan dengan klaim bahwa lemparan ke dalam Pratama Arhan berkali-kali hampir menjebol gawang Timnas Argentina yang dijaga Emiliano Martinez.

Video pun dilanjutkan dengan narasi jalannya pertandingan Timnas Indonesia vs Argentina yang berkesudahan dengan skor 0-2 berkat gol Leandro Paredes dan Cristian Romero.

Baca Juga:
Profil David Gonzalez, Striker Asing Baru Persis Solo

Lalu, GARUDA JAYA juga menceritakan bagaimana Pratama Arhan yang masuk sebagai pemain pengganti, membuat Emiliano Martinez ketar-ketir dengan lemparan ke dalamnya di menit ke-50, menit ke-57 dan menit ke-75.

Karena lemparan ke dalam itu, GARUDA JAYA mengklaim media Inggris mengulas secara khusus performa Pratama Arhan dan memberi saran ke tim-tim Premier League untuk melirik sepak pesepak bola Asia.

KESIMPULAN

Baca Juga:
3 Wasit Berlisensi FIFA yang Tak Lolos Seleksi untuk Liga 1 2023-2024

Berdasarkan Thumbnail, judul, dan isi video unggahan GARUDA JAYA, bisa dikatakan bahwa informasi yang diberikan terhitung menyesatkan.

Klaim GARUDA JAYA bahwa Pratama Arhan menjadi incaran dua klub Inggris dan Spanyol tak dibahas sama sekali dalam isi video tersebut.

Bahkan dalam laporan mengenai bek Tokyo Verdy itu, tak ada media massa yang mengulas rumor bahwa Pratama Arhan menjadi incaran klub Inggris dan Spanyol.

Kemudian mengenai klaim GARUDA JAYA bahwa performa Pratama Arhan menjadi ulasan media Inggris secara khusus selepas laga kontra Argentina pun tak berdasar sama sekali.

Dalam pantauan Bolatimes.com , tak ada media Inggris yang mengulas performa Pratama Arhan secara khusus usai laga melawan Argentina.

Namun ada media Inggris bernama Roker Report yang sempat merekomendasikan Pratama Arhan dan pemain Asia lainnya medio Mei 2023 lalu, atau jauh sebelum laga kontra Argentina.

Berdasarkan penjelasan dan kesimpulan di atas, maka informasi yang diberikan kanal YouTube GARUDA JAYA masuk dalam kategori hoaks.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More