Rauhanda Riyantama
Sejumlah pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Timnas Argentina dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Era naturalisasi pemain Timnas Indonesia masih berlanjut hingga saat ini meskipun fokusnya berbeda, yakni terhadap pemain keturunan.

Saat Timnas Indonesia melawan Argentina, satu pemain keturunan kembali melakoni debut bersama skuad Garuda, dialah Shayne Pattynama.

Shayne Pattynama tercatat sebagai pemain keturunan asal Belanda ke-12 yang memilih paspor WNI ketimbang negara kelahirannya, Belanda.

Baca Juga:
Sanjung Performa Marselino Ferdinan Lawan Argentina, Jurnalis Luar Negeri: Bakat Luar Biasa

Selain itu Timnas Indonesia saat ini juga diperkuat dua pemain muda keturunan Belanda, Rafael Struick dan Ivar Jenner.

Kedua pemain ini jadi andalan skuad Garuda di laga melawan Argentina, performa keduanya pun mendapat acungan jempol dari fan Tanah Air.

Perihal pemain naturalisasi atau trennya saat ini pemain keturunan, Belanda memang masih menjadi target Indonesia mencari pemain potensial.

Baca Juga:
Impian Terwujud Bisa Debut Bareng Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Tak Sabar Bahagia Banget

Belanda masih menjadi negara terbanyak dalam menyumbang pemain keturunan atau naturalisasi di negeri ini, seiring hubungan dan sejarah kedua negara.

Hubungan yang tak lepas dari kolonialisme pemerintah Belanda terhadap Indonesia selama lebih dari tiga abad.

Kondisi tersebut tak sedikit banyak membuat orang-orang Indonesia memiliki pasangan asal Belanda, menikah hingga memiliki keturunan berdarah campuran.

Baca Juga:
Usai Lawan Argentina, Ernando Ari Kepengin Timnas Indonesia Hadapi Brasil

Jika menilik lebih jauh lagi perihal pemain keturunan, Arnol van de Vin adalah pemain naturalisasi pertama Timnas Indonesia asal Belanda.

Arnol merupakan kiper yang saat itu membela timnas Hindia Belanda, sosok kelahiran Semarang, Jawa Tengah.

Ia pernah merumput untuk klub Excelsior dan berkompetisi di papan atas khusus etnis Eropa yang ada di Surabaya sebelum bergabung Persija Jakarta.

Baca Juga:
Viral karena Dampingi Pemain Timnas Argentina, Ternyata Begini Jadi Player Escort seperti Cucu Presiden Jokowi Jan Ethes

Sayangnya kebijakan Pemerintah Soekarno yang sempat mengeluarkan kebijakan Anti-Belanda membuat Van der Vin tersingkir dari Tanah Air.

Ia pun pulang ke Belanda, bergabung klub Fortuna '54 dan saat ini dikenal dengan nama Fortuna Sittard.

Selain Van der Vin yang berasal dari Semarang, berikut ini deretan pemain keturunan dengan asal kota mereka di Indonesia.

Elkan Baggott - DKI Jakarta

Jordi Amat - Siau, Sulawesi Utara

Sandy Walsh - Purworejo dan Surabaya

Marc Klok - Makassar, Sulawesi Selatan

Shayne Pattynama - Maluku dan Semarang

Ivar Jenner - Jember, Jawa Timur

Stefano Lilipaly - Maluku

Rafael Struick - Semarang, Jawa Tengah

Kontributor: Eko
Load More