Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Emi Martinez gado-gado. (YouTube/Injury Time TV)

Bolatimes.com - Belakangan ini, kanal YouTube INJURY TIME TV, mengunggah sebuah video yang menyebut bahwa kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez, terkesima dengan makanan gado-gado khas Indonesia.

Narasi itu diedarkan oleh kanal YouTube INJURY TIME TV melalui sebuah video unggahannya menjelang pertandingan Timnas Indonesia melawan Argentina pada agenda FIFA Matchday Juni 2023.

“Seumur Hidup Argentina Gak Bakal Lupa dengan Indonesia! Indonesia Memang Beda,” bunyi judul video yang diunggah oleh kanal YouTube INJURY TIME TV pada Minggu (18/6/2023).

Baca Juga:
Gara-gara Botswana, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Mendadak Turun Jelang Hadapi Argentina

Lalu, benarkah informasi yang diunggah oleh kanal YouTube tersebut? Apakah Emiliano Martinez benar-benar menyantap gado-gado menjelang laga melawan Indonesia? Berikut Bolatimes.com menyajikan cek faktanya.

PENJELASAN

Sebetulnya, video berdurasi 5:45 menit itu menyajikan beberapa pembahasan terkait dengan kuliner Indonesia. Salah satu yang bisa ditelusuri faktanya ialah keterangan soal jurnalis Argentina yang menyantap bubur.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia yang Berpotensi Bikin Gol ke Gawang Timnas Argentina

Video ini membahas liputan khusus Sports Center yang tayang di ESPN Argentina. Jurnalis itu melakukan reportase langsung sekaligus membawa sepiring bubur ayam yang dilengkapi dengan sate usus.

"Sarapan telah tiba @MonroigDiego di Jakarta. Siapa yang berani coba?" tulis Sports Center dikutip dari akun Twitternya.

Namun, pembahasan lainnya kemudian mengarah pada kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez, yang disebut-sebut menyantap gado-gado saat berjalan-jalan di sekitar hotel mereka menginap.

Baca Juga:
Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Argentina Malam Ini, Laga Berat Buat Skuat Garuda

“Para punggawa skuad Tim Tango yang berada di Indonesia pun mereka beberapa kali terlihat menyantap makanan yang berada di dekat hotel tempat mereka menginap di kawasan Senayan,” bunyi narator dalam video tersebut.

“Tak terkecuali dari Emiliano Martinez yang mengatakan ia pernah memakan sepiring gado-gado dan ia mengatakan, ‘Rasanya cukup luar biasa, itu tak ada di Argentina. Mungkin baru kali ini saya merasakan makanan tersebut namun selama hidup saya, saya belum pernah melihatnya.”

Dari penelusuran Bolatimes.com, tidak ada satupun pernyataan yang keluar dari mulut Emiliano Martinez soal santapan gado-gado ini di berbagai media di Indonesia.

Baca Juga:
Media Argentina Ikut Soroti PSSI yang Bakal Beri Bonus Jika Timnas Indonesia Tahan Imbang Skuad Asuhan Lionel Scaloni

Bahkan, sangat tidak masuk akal apabila para pemain Timnas Argentina bisa leluasa berjalan-jalan di sekitar hotel. Sebab, ada pengamanan tingkat tinggi yang diterapkan kepada skuad La Albiceleste.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi yang diedarkan kanal YouTube Injury Time TV soal Emiliano Martinez yang menyantap gado-gado ini tak bisa diverifikasi kebenarannya.

Sehingga, hal itu dapat dikategorikan sebagai informasi yang menyesatkan alias hoax. 

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More