Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia dalam pertandingan persahabatan FIFA Matchday melawan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/6/2023). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp)

Bolatimes.com - Ranking FIFA Timnas Indonesia mengalami penurunan jelang laga melawan Argentina di FIFA Matchday Juni 2023. Bahkan posisi Indonesia semakin jauh tertinggal dari Malaysia.

Untuk urusan peringkat sendiri, Argentina tidak tergoyahkan di posisi pertama FIFA. Sang juara Piala Dunia 2022 itu kian kokoh usai menang 2-0 atas Australia.

Sementara Indonesia berada jauh di bawah Argentina. Saat ini Timnas Indonesia menduduki peringkat ke-150, turun satu peringkat dari sebelum FIFA Matchday Juni 2023 dimulai.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia yang Berpotensi Bikin Gol ke Gawang Timnas Argentina

Indonesia mengoleksi 1,047.91 poin dan kini tertinggal 12 anak tangga dari Malaysia yang menduduki peringkat 138 dunia dengan 1,087.34 poin.

Keberhasilan Malaysia menjaga ranking-nya ini tidak terlepas dari kemenangan 3-1 mereka atas Kepulauan Solomon di FIFA Matchday sehingga meraih 5,21 poin.

Lantas bagaimana peringkat Indonesia bisa turun setelah bermain imbang 0-0 dengan Palestina?

Baca Juga:
Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Argentina Malam Ini, Laga Berat Buat Skuat Garuda

Hal ini dikarenakan Botswana, negara asal Afrika, yang menduduki peringkat 152 sebelum FIFA Matchday Juni 2023, berhasil mengalahkan Libya.

Libya sendiri menduduki peringkat ke-121 dunia. Botswana menang dengan 1-0 di lanjutan Kualifikasi Piala Afrika 2023 atas Libya.

Karena menang di ajang Kualifikasi Piala Afrika 2023 yang bobot poinnya cukup besar, maka Botswana pun mendapatkan tambahan poin yang sangat besar, yakni 15,07 poin.

Baca Juga:
Media Argentina Ikut Soroti PSSI yang Bakal Beri Bonus Jika Timnas Indonesia Tahan Imbang Skuad Asuhan Lionel Scaloni

Dengan tambahan poin signifikan ini, Botswana akhirnya naik empat tangga di peringkat FIFA dari posisi 152 ke posisi 148 dengan 1,052.38 dunia.

Indonesia punya peluang untuk menyalip kembali posisi Botswana jika berhasil meraih hasil imbang atau mengalahkan Argentina.

Baca Juga:
Sempat Keluhkan Masalah Kaki, Begini Kondisi Jordi Amat Jelang Lawan Argentina

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More