Rauhanda Riyantama
CEK FAKTA: Lionel Messi Jadi Datang, tapi Cuma Main 15 Menit Lawan Timnas Indonesia.

Bolatimes.com - Beredar informasi jika Lionel Messi jadi datang ke Tanah Air dan akan bermain selama 15 menit melawan Timnas Indonesia. Benarkah?

Informasi itu diedarkan oleh kanal YouTube GARUDA JAYA yang terlihat dari Thumbnail serta judul untuk video unggahannya.

Dalam Thumbnail videonya, kanal GARUDA JAYA menggunakan foto Erick Thohir dan Lionel Messi yang disertai kalimat bahwa sang megabintang akan bermain selama 15 menit melawan Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Santuy Hadapi Malaysia, Timnas Kepulauan Solomon Cuma Diperkuat Satu Pemain Profesional

Lalu di judul video tersebut, kanal GARUDA JAYA menegaskan kembali informasi Messi hanya akan bermain selama 15 menit melawan Timnas Indonesia.

“BIKIN KECEWA !! Ternyata LIONEL MESSI Hanya Bermain 15 Menit Saat Melawan Timnas Indonesia,” bunyi judul video unggahan GARUDA JAYA pada 11 Juni 2023.

Hingga artikel ini dibuat, video tersebut telah ditonton sebanyak 14 ribu kali dan menuai 73 komentar dari pecinta sepak bola Tanah Air.

Baca Juga:
Terungkap Penyebab Lionel Messi sempat Ditahan Imigrasi China Selama 2 Jam

PENJELASAN

Video unggahan kanal YouTube GARUDA JAYA dibuka dengan informasi bahwa Lionel Messi akan bermain 15 menit saja melawan Timnas Indonesia.

Video kemudian dilanjutkan dengan kabar Argentina yang telah tiba di Beijing, China untuk melawan Australia pada FIFA Matchday Juni 2023.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Setelah Dibujuk Erick Thohir, Argentina FA Resmi Datangkan Lionel Messi ke Indonesia

Kemudian, GARUDA JAYA menarasikan informasinya bahwa Messi akan bermain selama 15 menit melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023.

Informasi itu diklaim GARUDA JAYA datang dari jurnalis Argentina, Leo Paradizo, melalui kicauannya di media sosial Twitter.

Kemudian video dilanjutkan dengan kedatangan Messi ke China serta belum adanya keterangan resmi dari pihak Argentina soal kehadiran sang pemain dan rekan-rekannya ke Indonesia.

Baca Juga:
Indonesia Open 2023: Tumbang, Chico Wardoyo Ungkap Penyebab Dirinya Kalah dari Pebulu Tangkis Singapura

KESIMPULAN

Berkaca dari Thumbnail, judul, dan narasi videonya, informasi yang diberikan kanal YouTube GARUDA JAYA bisa masuk kategori hoaks.

Hal ini lantaran tak adanya laporan dari media-media ternama Tanah Air atau bahkan internasional yang menyebut Messi akan bermain salaam 15 menit melawan Timnas Indonesia.

Di sisi lain, informasi Messi yang bermain 15 menit melawan Timnas Indonesia diklaim GARUDA JAYA didapatkan dari cuitan jurnalis Argentina, Leo Paradizo, di Twitter.

Setelah Bolatimes.com memantau akun Twitter Leo Paradizo, yakni @leoparadizo, tak ada sama sekali informasi Messi akan bermain selama 15 menit melawan Timnas Indonesia.

Adapun cuitan terakhir akun @leoparadizo adalah mengenai kabar Messi akan bertanding melawan Australia dan tidak akan ikut skuad Argentina untuk melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023.

Dalam laporan jurnalis Argentina lainnya, Gaston Edul, Messi pun dipastikan tak akan berpartisipasi di laga melawan Timnas Indonesia karena ingin berlibur dan menuntaskan kepindahannya ke Inter Miami.

Berdasarkan penjelasan dan kesimpulan yang ada, maka informasi yang diedarkan kanal YouTube GARUDA JAYA masuk dalam kategori hoaks.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More