Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Thailand di Piala AFF 2022. (Facebook/changsuek)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia bakal menghadapi Jepang di pertandingan penyisihan grup Piala Asia 2023. Kepastian ini didapatkan usai hasil drawing dilakukan pada Kamis (11/5/2023).

Skuad Garuda yang berada di pot 4, bergabung bersama Jepang Irak, dan rival bebuyutan dari Asia Tenggara, Vietnam, di grup tersebut.

Perjuangan Timnas Indonesia bakal dimulai pada 15 Januari 2024 mendatang dengan lebih dulu menghadapi Irak.

Baca Juga:
Media Vietnam Bongkar Keunggulan Tak Terduga Timnas Indonesia U-22 Jelang Semifinal SEA Games 2023

Setelahnya, Timnas Indonesia bakal melawan Vietnam pada laga kedua di 19 Januari, lalu melakoni laga terakhir melawan Jepang lima hari berselang.

Di antara tiga calon lawan nanti, Jepang jadi tim terkuat yang akan dihadapi Timnas Indonesia. Semakin sulit buat Indonesia karena rekor pertemuan tak memihak Merah Putih.

Sebetulnya, Timnas Indonesia dan Jepang kerap bertemu, tapi itu terjadi di medio 1950an hingga 1980an. Total kedua tim pernah bertemu 15 kali.

Baca Juga:
7 Pemain Naturalisasi yang Diprediksi Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Optimis Lolos dari Fase Grup?

Dari sekian pertemuan itu, Jepang berhasil meraih 8 kemenangan dan dua laga berakhir imbang. Menariknya Indonesia ternyata mampu meraih 5 kemenangan atas Jepang.

Namun demikian, sepak bola Jepang sudah maju pesat saat ini sehingga kekuatan Timnas Indonesia dan Jepang berada di level yang berbeda.

Akan tetapi, harapan tentu akan selalu ada. Terlebih, Shin Tae-yong punya rekor bagus saat menghadapi Jepang.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Andalkan Pemain Naturalisasi?

Shin hanya sekali bertemu Jepang ketika masih menangani timnas Korea Selatan. Satu-satunya pertemuan itu berhasil dimenangi oleh Shin.

Kemenangan itu didapatkan Korea Selatan arahan Shin Tae-yong di turnamen Piala EAFF E-1 alias Kejuaraan Asia Timur edisi 2017.

Di pertandingan tersebut, Korea Selatan menang dengan skor 4-1 yang sekaligus mengantarkan Taeguk Warriors meraih trofi EAFF E-1 Football Championship 2017.

Baca Juga:
5 Pesepak Bola Top Dunia yang Bakal Jadi Lawan Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More