Rauhanda Riyantama
Calon pemain naturalisasi, Cyrus Margono (Instagram/cmargono)

Bolatimes.com - Berikut tiga pemain keturunan yang akan segera dinaturalisasi dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), di mana terbaru adalah pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang.

Proses naturalisasi pemain keturunan untuk Timnas Indonesia sempat terhenti beberapa waktu terakhir, menyusul beberapa masalah internal di sepak bola Tanah Air.

Masalah internal pertama berkaitan dengan adanya perubahan struktur organisasi di PSSI pasca menjalani Kongres Luar Biasa (KLB) pada Februari 2023 lalu.

Baca Juga:
Cara Warga Indonesia di Kamboja Dukung Timnas U-22 di SEA Games 2023

Dari KLB ini, struktur organisasi induk sepak bola Indonesia itu mengalami perubahan, seperti Erick Thohir yang menjadi Ketua Umum menggantikan Mochamad Iriawan.

Perubahan tak hanya di posisi Ketua Umum (Ketum) saja, melainkan juga Wakil Ketua Umum (Waketum), Sekretaris Jenderal (Sekjen), dan anggota Komite Eksekutif (Exco).

Proses naturalisasi yang terhambat akibat KLB dan perubahan struktur PSSI pun berlanjut dengan pembatalan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Baca Juga:
Mengungkap Teka-teki Ibu Kandung dari Anak Pertama Cristiano Ronaldo, Ini Sosoknya

Pembatalan dari FIFA ini membuat PSSI harus memfokuskan diri untuk menghindarkan Indonesia dari sanksi, sehingga proses naturalisasi pemain keturunan sedikit terhambat.

Setelah masalah-masalah itu selesai, kini proses naturalisasi pun kembali dilanjutkan, di mana ada tiga pemain keturunan yang akan segera menjadi WNI.

Siapa saja tiga pemain keturunan yang akan segera menjadi WNI tersebut? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Viral Pemain Thailand Purachet Thodsanit Punya Wajah Mirip Asnawi Mangkualam

1. Ivar Jenner

Pembatalan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia sempat menghadirkan rumor bahwa pemain keturunan asal Belanda, Ivar Jenner, akan menarik berkas naturalisasinya.

Namun alih-alih menarik berkasnya, pemain milik FC Utrecht ini memutuskan untuk melanjutkan naturalisasinya kendati Timnas Indonesia U-20 batal berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Bikin Ketum PSSI-nya Kamboja Ketar-ketir dengan Masa Depannya, Ini Sebabnya

Ivar Jenner memutuskan untuk tetap menjadi WNI, kendati kompatriot dan rekannya, Justin Hubner, dan ia akan mengambil sumpah menjadi WNI pada akhir Mei 2023 nanti.

2. Rafael Struick

Batalnya Timnas Indonesia U-20 berlaga di Piala Dunia U-20 2023 juga sempat menghadirkan ketakutan bahwa Rafael Struick akan membatalkan naturalisasinya.

Namun, penyerang milik ADO Den Haag ini ternyata masih berkeinginan membela Timnas Indonesia dan menjadi WNI seperti leluhurnya.

Sama seperti Ivar Jenner, Rafael Struick pun akan diambil sumpahnya menjadi WNI pada akhir Mei 2023, sehingga nantinya ia bisa bermain bagi Timnas Indonesia di level internasional.

3. Cyrus Margono

Nama terbaru yang akan dinaturalisasi dan segera menjadi WNI adalah kiper keturunan yang kini bermain di Yunani, yakni Cyrus Margono.

Kiper yang kini bermain untuk Panathinaikos B itu dilaporkan tengah mengurus paspor Indonesia, usai status WNI-nya hilang karena dirinya tak mengambil keputusan akan statusnya dan dirinya tumbuh di Amerika Serikat.

Mantan orang kepercayaan PSSI, Hamdan Hamedan, pun mengabarkan bahwa Cyrus tengah memproses agar dirinya bisa mendapat paspor Indonesia dan menjadi WNI.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More