Husna Rahmayunita
Seorang suporter membawa lambang Garuda Pancasila saat memberikan dukungan untuk Tim Nasional Indonesia U-19 melawan Vietnam U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa).

Bolatimes.com - Warga Negara Indonesia (WNI) antuasi memberikan dukungan kepada kontigen Tanah Air di SEA Games 2023 Kamboja, termasuk Timnas Indonesia U-20 2022.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kanselerai Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Phnom Penh, Lauti Nia Astri,.

"Mereka sangat antusias, apalagi banyak atlet tim nasional yang datang, terutama untuk cabang-cabang olahraga populer seperti sepak bola dan badminton," kata Nia saat dijumpai di KBRI Phnom Penh, Rabu (3/5/2023)

Baca Juga:
Mengungkap Teka-teki Ibu Kandung dari Anak Pertama Cristiano Ronaldo, Ini Sosoknya

"Mereka sudah bertanya-tanya dari awal (soal tiket pertandingan), bahkan mereka bilang kalau pun tiketnya tidak digratiskan, mereka akan membeli (tiket pertandingan)," ujarnya.

Nia mengatakan semangat WNI di Kamboja diharapkan bisa tersalurkan kepada para atlet dan Timnas Indonesia ketika bertanding di pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Ia menambahkan, terdapat berbagai bentuk dukungan yang ditunjukkan oleh para suporter Indonesia nantinya.

Baca Juga:
Persija Jakarta Dihubungi Klub Eropa, Ditantang Lakoni Uji Coba

"Setiap kali ada pertandingan yang ada tim Indonesia di situ, Perhimpunan Masyarakat Indonesia di Kamboja pun aktif menggalang dukungan melalui grup-grup media sosial, datang langsung ke lapangan, sukarela membuat kaos dukungan, membuat baliho sendiri, hingga membuat bendera (berukuran) besar untuk menunjukkan dukungan penuh kepada perwakilan Indonesia yang bertanding, apa pun cabang olahraganya," papar Nia

Diberitakan sebelumnya, tuan rumah Kamboja telah memutuskan untuk menggratiskan seluruh tiket pertandingan SEA Games 2023 bagi penonton, serta hak siar televisi, dengan syarat dan ketentuan berlaku yang ditetapkan.

Tak hanya menggratiskan seluruh tiket pertandingan dan hak siar televisi, regulasi tersebut juga memungkinkan para penggemar untuk menonton langsung upacara pembukaan dan penutupan pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu tanpa biaya apa pun.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Cyrus Margono, Kiper Keturunan Indonesia yang Urus Naturalisasi Secara Mandiri

Adapun keputusan pemerintah Kamboja dan panitia lokal SEA Games Kamboja (CAMSOC) tersebut didasari dengan harapan dapat mengajak penggemar olahraga di kawasan Asia Tenggara untuk menikmati pertandingan dengan mudah dan berkesan.

"CAMSOC mengatakan bahwa Kamboja, walaupun negara kecil, memiliki hati yang besar," terangnya.

(Antara)

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Malaysia U-22 vs Laos, Grup B SEA Games 2023 Hari Ini

Load More