Rauhanda Riyantama
Logo PSSI. [laman resmi PSSI]

Bolatimes.com - Sebuah fakta baru terungkap pada tubuh PSSI, di mana induk sepak bola Indonesia tersebut ternyata masih memiliki utang miliaran rupiah pada kompetisi Elite Pro Academy (EPA).

Fakta ini terkuak setelah Koordinator Save Our Soccer, Akmal Marhali, mengungkapkan utang miliaran rupiah itu lewat unggahan di akun Instagram-nya.

Dalam unggahan tersebut, Akmal Marhali menyebutkan bahwa PSSI masih berutang sebesar Rp2,15 miliar kepada Elite Pro Academy di level U-14, U-16, dan U-18 di musim 2022/2023.

Baca Juga:
Link Live Streaming Manchester City vs Arsenal, Big Match Liga Inggris Malam Ini

Mirisnya, utang PSSI tersebut terjadi setelah sponsor utama Elite Pro Academy, Mola TV, telah membayarkan kewajibannya.

Tak tanggung-tanggung, Mola TV telah memenuhi kewajibannya sebagai sponsor utama, yakni sebesar Rp8 miliar ke PSSI.

Baca Juga:
BAC 2023: Rinov/Tari Menang Mudah di Babak 32 Besar, Cuma Butuh Waktu 19 Menit

Adapun uang sponsor itu dimaksudkan untuk menjalankan roda kompetisi serta keperluan-keperluan lain untuk menunjang berlangsungnya kompetisi di level umur sepak bola Indonesia itu.

Dari pantauan Save Our Soccer, rincian utang PSSI terhadap Elite Pro Academy tersebut terdiri dari:

1. Subsidi Klub Peserta

Baca Juga:
PSSI Mulai Diaudit Pagi Ini, Erick Thohir Perintahkan Yunus Nusi Minta Bagian Keuangan Buka Semua Data

Dalam pernyataannya, Akmal Marhali menyebutkan seharusnya setiap klub peserta Elite Pro Academy mendapat subsidi Rp200 juta.

Namun PSSI ternyata baru membayarkan Rp100 juta saja untuk 18 klub peserta, sehingga kekurangannya pun berada di angka Rp1,8 miliar.

2. Honor Match Commissioner

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Sudah Tiba di Kamboja, akan Gelar Latihan 2 Kali Sehari

Untuk Match Commissioner, seharusnya ada honor per pertandingan sebesar Rp500 ribu yang kemudian dikalikan total pertandingan di Elite Pro Academy U-14, U-16, dan U-18.

Dari total 230 laga di level U-14, U-16, dan U-18 tersebut, maka honor untuk Match Commissioner berada di angka Rp115 juta.

3. Honor untuk Volunteer

Volunteer pun juga seharusnya mendapat honor dalam pertandingan. Di Elite Pro Academy, tercatat ada 20 volunteer per harinya.

Dengan jumlah volunteer sebanyak 20 orang dengan bayaran Rp300 ribu per harinya selama dua bulan kompetisi yakni Juli-September 2023, maka honor yang harus dibayarkan Rp240 juta.

Menanggapi adanya utang ini, PSSI dengan formasi baru di bawah kepemimpinan Erick Thohir disebut tak tahu menahu sebelumnya.

Namun adanya permasalahan utang ini, PSSI periode 2023-2027 ini pun akan menuntaskan permasalahan tersebut dengan melakukan audit.

Adapun Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, sendiri belum lama ini menunjuk firma Ernst & Young untuk melakukan audit keuangan terhadap induk sepak bola Indonesia tersebut.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More