Arif Budi Setyanto
Justin Hubner gagal melanjutkan naturalisasi Indonesia (Instagram/justinhubner5)

Bolatimes.com - Reaksi Ketum PSSI, Erick Thohir menjadi sorotan media Vietnam ketika menjelaskan batalnya naturalisasi pemain keturunan Justin Hubner.

Sebagaimana diketahui, Justin Hubner awalnya masuk proyeksi Shin Tae-yong untuk membela timnas Indonesia U-20 yang bakal mentas di Piala Dunia U-20 2023.

Akan tetapi, Indonesia batal menjadi tuan rumah yang artinya kesempatan tampil di Piala Dunia U-20 pun pupus. Hal itu membuat naturalisasi pemain keturunan menjadi pertanyaan.

Baca Juga:
Indra Sjafri Maklum Andai Elkan Baggott Tak Dilepas Klub ke Timnas Indonesia U-22

Kini ada titik cerah terkait hal itu karena Ivar Jenner dan Rafael Struick dikabarkan tetap melanjutkan prosesnya. Namun sayangnya Justin Hubner batal.

Terkait batalnya bek Wolves U-21 dinaturalisasi, Erick Thohir menegaskan bahwa PSSI sudah berusaha semaksimal mungkin.

"Proses naturalisasi sudah jalan, sudah disepakati, kita kurang apa? Kita PSSI mendorong naturalisasi U-20 secara proses hukum, sudah disetujui oleh DPR, sekarang Kemenkumham akan mengusulkan ke Presiden Jokowi. Kalau kemudian ada individu yang berubah pikiran karena satu dan lain hal, saya tidak bisa melarang," ucapnya di konferensi pers, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga:
Calon Lawan Timnas Indonesia U-22 Kalah Telak di Laga Uji Coba Persiapan SEA Games 2023

"Terus kenapa kita [PSSI] yang salah? Kita proses sudah jalan. Mungkin ada pemikiran karena kita tidak jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, itu mungkin. Toh dia juga sudah dipanggil timnas Belanda. Atau mungkin ada hal-hal permintaan yang tidak sesuai dengan aturan main kita, mungkin. Saya tidak tahu, saya tidak menuduh. Media pernah bertanya angka [Hubner dituduh minta uang] ke telinga saya, saya bilang, saya tidak dengar," imbuhnya.

Pernyataan Erick Thohir tersebut menjadi sorotan media Vietnam. Ketum PSSI itu disebut marah karena disalahkan.

"Disalahkan atas kegagalan naturalisasi bintang muda Eropa, Presiden PSSI marah. Erick Thohir marah ketika berulang kali dikritik karena tidak menyelesaikan proses naturalisasi Justin Hubner," tulis laporan Soha.vn disadur Kamis (20/4/2023).

Baca Juga:
Sambut Musim Baru, Persis Solo Resmi Lepas Bek Naturalisasi dan Eks Striker Timnas Indonesia

Sementara itu, naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick yang sudah disetujui DPR RI akan lanjut ke sumpah WNI. Mantan Exco PSSI, Hasani Abdulgani menyebutkan dua pemain keturunan itu bakal disumpah WNI usai 19 Mei saat musim Liga Belanda selesai.

Load More