Husna Rahmayunita
Hasani Abdulgani bagikan perkembangan naturalisasi Justin Hubner. (Instagram/@hasaniabdulgani)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Justin Hubner batal dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20. PSSI memutuskan untuk tak melanjutkan proses naturalisasi sang pemain.

Hal ini dikonfirmasi oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) Arya Sinulingga. Dia menyebut ada permintaan yang tak bisa dipenuhi PSSI sehingga proses naturalisasi Justin Hubner disetop.

"Jadi kita tidak melanjutkan untuk naturalisasi terhadap Hubner, karena ada permintaan Hubner yang tidak bisa kita penuhi," kata Arya Sinulingga seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga:
CEK FAKTA: PSSI Tunjuk Shin Tae-yong Gantikan Indra Sjafri di SEA Games 2023

Namun, Arya Sinulingga tak menjelaskan secara detail permintaan yang dimaksud tersebut. Sempat muncul rumor pemain blasteran Belanda yang kini membela Wolverhampton Wanderers U-21 itu meminta sejumlah uang.

Arya Sinulingga juga tidak mengetahui mengapa permintaan Justin tersebut baru dilontarkan menjelang fase akhir proses naturalisasi.

"Yang pasti kan begini, tidak ada niat kita untuk menghambat, ada komunikasi, ada namanya pendekatan kepada pribadi, kemudian keluarga. Biasanya mereka akan menunjuk agennya setelah itu. Baru kita proses." sambungnnya.

Walau begitu, Arya Sinulingga memastikan dua pemain keturunan lain yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap melanjutkan proses naturalisasi.

Baca Juga:
Persija Jakarta Tancap Gas di Bursa Transfer, Duo Nama Baru Resmi Diamankan

"Kami sudah bersurat dengan Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), kemudian Kemenpora akan ke Kemenristek (Kementerian Riset dan Teknologi) untuk Jenner dan Struick itu akan kita proses, akan diurus administrasinya dan disumpah," beber sosok yang juga staf khusus Menteri BUMN tersebut.

Semula Justin Hubner dan dua pemain keturunan lain dinaturalisasi untuk proyeksi Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Mereka juga telah mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas di Eropa.

Proses naturalisasi ketiganya bahkan sudah disetujui oleh DPR lewat rapat paripurna, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga:
Rio Fahmi, Pemain Muda Terbaik Liga 1 2022-2023 yang Pernah Dicoret Shin Tae-yong

Namun di akhir Maret, Indonesia tertimpa kabar buruk yakni dicoret sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Timnas U-20 batal mentas di kejuaraan tersebut.

Semenjak saat itu, kelanjutan proses naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struick dipertanyakan. Hingga akhirnya, muncul kejelasan, Justin Hubner batal dinaturalisasi.

Baca Juga:
Gabung Persija Jakarta, Rizky Ridho Reuni dengan Sang Idola

Load More