Rauhanda Riyantama
Skuad Timnas Indonesia saat lawan Burundi di FIFA Matchday 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Berikut lima negara antah berantah yang akan jadi lawan Timnas Indonesia saat melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Yakin menang?

Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia senior akan beraksi di ajang resmi FIFA, yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dijadwalkan, Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini akan dimulai oleh tim berjuluk skuad Garuda itu pada Oktober 2023 mendatang.

Baca Juga:
Cedera Otot Paha, Hakan Calhanoglu Terancam Absen Bela Inter Milan

Untuk ajang ini, Timnas Indonesia pun harus memulai Kualifikasi Piala Dunia 2026 sejak babak atau ronde pertama karena statusnya yang ada di peringkat ke-28 Asia.

Sebagai informasi, negara dengan peringkat 26-47 Asia harus bersaing sejak babak pertama atau First Round guna menyusul peringkat 1-25 yang baru akan bertanding di babak kedua atau Second Round.

Karena akan tampil di First Round, Timnas Indonesia pun diharuskan melakoni laga kandang dan tandang melawan negara lainnya pada fase ini.

Baca Juga:
Cetak Dua Gol, Striker 185 Cm Garuda Select Masih Kalah dari Nabil Asyura

Dari 20 negara Asia di First Round ini, nantinya akan dibagi dalam dua pot, di mana Indonesia dipastikan masuk di pot pertama.

Alhasil, Timnas Indonesia pun akan menantang tim di pot kedua, yang berisikan negara-negara kecil.

Dari 10 negara di pot kedua yang bakal jadi lawan Timnas Indonesia di First Round Kualifikasi Piala Dunia 2026, berikut lima negara kecil dan antah berantah yang berpotensi jadi calon lawan.

Baca Juga:
Daftar Anggota CONIFA, Organisasi Tandingan FIFA yang Bisa Jadi Alternatif Buat Indonesia

1. Bangladesh

Bangladesh adalah negara yang ada di peringkat ke-42 Asia dan saat ini berada di peringkat ke-192 FIFA, sehingga harus terletak di Pot 2 pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jika bertemu dengan Indonesia, maka ini akan jadi pertemuan kedua bagi kedua negara dalam dua tahun terakhir, mengingat sebelumnya kedua negara pernah bertemu pada Juni 2022 lalu.

Baca Juga:
Terang-terangan Kecam FIFA, Legenda Timnas Mesir Sanjung Indonesia

2. Mongolia

Indonesia juga berpotensi bertemu negara gurem dari Asia Timur, yakni Mongolia yang berada di peringkat ke-38 Asia dan ada di ranking ke-183 FIFA.

Pertandingan melawan Mongolia pun bisa dimenangkan Indonesia kelak jika keduanya bertemu, mengingat tim tersebut baru saja digasak oleh tim gurem Eropa, Georgia, dengan skor 6-1.

3. Guam

Guam merupakan negara kecil di Asia yang sepak bolanya pun tak begitu mumpuni. Hal ini terbukti dari posisinya yang ada di peringkat ke-45 Asia dan peringkat ke-205 FIFA.

Jika bertemu Guam, Timnas Indonesia diyakini bisa meraih kemenangan dengan mudah. Apalagi, tim tersebut tercatat absen dalam dua tahun terakhir.

4. Bhutan

Bhutan merupakan negara kecil di Asia Selatan. Sepak bola negara ini pun juga terbilang medioker karena berada di ranking 39 Asia dan peringkat ke-185 FIFA.

Jika bertemu Bhutan, Timnas Indonesia diyakini bisa menang dengan mudah. Apalagi di laga terakhir, mereka sulit menang dari Laos dan Nepal yang dengan mudah bisa dikalahkan skuad Garuda.

5. Makau

Timnas Indonesia juga berpeluang bertemu Makau di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Oktober 2023 mendatang.

Sebab, Makau berada di pot kedua setelah hanya berada di peringkat ke-37 Asia dan menduduki peringkat rendah di FIFA, yakni 182.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More