Irwan Febri Rialdi
Jordi Amat girang bukan kepalang usai mencetak gol indah bersama Timnas Indonesia (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Jordi Amat tampil luar biasa dan jadi pahlawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday kedua melawan Burundi, Selasa (28/3/2023) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Tampil sebagai starter dan berduet dengan Elkan Baggott di lini belakang, Jordi Amat kembali menunjukkan penampilan solid dan mencetak gol penyelamat di pengujung laga.

Bek naturalisasi ini mencetak gol debut untuk Skuad Garuda di laga jilid II kontra Burundi itu. Gol bek Johor Darul Takzim itu sekaligus menyelamatkan Timnas Indonesia dari kekalahan dengan berakhirnya laga 2-2.

Baca Juga:
Temui FIFA di Qatar, Erick Thohir: Mudah-mudahan Ada Jalan Keluar

Mantan punggawa Swansea City tersebut mencetak gol di menit ke 90+4 melalui sundulan usai meneruskan tendangan bebas dari Marc Klok.

Sebelumnya, Timnas Indonesia unggul lebih dulu 1-0 melalui gol yang dicetak Witan Sulaeman (61’). Namun, Burundi mampu membalikkan keadaan via gol Saido Berahino (80’) dan Abedi Bigirimana (90’), sebelum akhirnya Timnas Indonesia menyamakan kedudukan.

Tertinggal satu gol membuat Timnas Indonesia meningkatkan intensitas permainan di sisa pertandingan. Alhasil, tensi tinggi sempat terjadi di antara pemain dari kedua tim.

Baca Juga:
Momen Penyelamatan Ganda Syahrul Trisna di Laga Timnas Indonesia vs Burundi

Salah satu momen “panas” itu melibatkan Jordi Amat. Ia sempat diprovokasi oleh lawan hingga terjadi aksi saling dorong di menit-menit akhir pertandingan.

Momen Jordi Amat ngamuk itu terjadi di menit ke-91 ketika bek berusia 31 tahun tersebut dilanggar oleh Bonfils-Caleb Bimenyimana.

Amat yang ingin melakukan eksekusi dengan cepat, namun Bimenyimana justru menghalangi. Sontak Jordi Amat terpancing emosinya sampai mendorong pemain lawan.

Baca Juga:
Beda Nasib di FIFA Matchday: Indonesia Turun Peringkat, Malaysia Naik Drastis

Beruntung keributan tak membesar di antara kedua pemain dan Amat selamat dari kartu kuning. Justru Bonfils-Caleb Bimenyimana yang mendapat kartu kuning karena dianggap mengganggu pemain lain dan memprovokasi. Malah, tiga menit kemudian, ia mencetak gol.

Seusai laga, pemain blasteran Spanyol-Indonesia meluapkan rasa bahagianya. Ia mempersembahkan gol debut untuk sang putra yang masih berusia 11 bulan.

"Saya ingin mendedikasikan gol ini untuk putra saya. Ini akan menjadi hadiah yang bagus untuk dia," kata Jordi Amat saat konferensi pers.

Baca Juga:
Senior Sandy Walsh Ikut Buka Suara Soal Polemik Piala Dunia U-20: Indonesia Harus Tiru Qatar!

Meski hanya mencetak gol pada pertandingan FIFA match day dan bukan pada laga kompetitif, Jordi Amat tetap memberi perhatian besar untuk gol tersebut.

"Saya senang dengan gol yang saya cetak. Saya bekerja keras agar bisa menjadi bagian tim Indonesia ini. Tentu gol perdana ini merupakan momen istimewa bagi saya," sambungnya.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More