Rauhanda Riyantama
Shayne Pattynama (Instagram/s.pattynama)

Bolatimes.com - Beredar informasi Shayne Pattynama sudah bergabung latihan Timnas Indonesia di Stadion PTIK jelang FIFA Matchday melawan Burundi. Benarkah?

Informasi ini diedarkan oleh kanal YouTube Timnas 12, di mana ia mengklaim pemain keturunan itu tampil perdana dan empat pemain Abroad gabung TC gabungan di Stadion PTIK.

Hal ini terlihat dari judul yang digunakan dalam unggahan video kanal YouTube tersebut pada Senin (20/3) kemarin, atau 15 jam lalu sejak Bolatimes.com memantau video tersebut.

Baca Juga:
Rekor PSM Makassar, Cuma 4 Kali Kalah di Kandang sejak Era Liga 1

“KABAR GEMBIRA! SHAYNE PATTYNAMA TAMPIL PERDANA. 4 ABROAD GABUNG TC GABUNGAN DI STADION PTIK JAKARTA,” bunyi judul video unggahan kanal YouTube Timnas 12.

Hingga artikel ini dibuat, Selasa (21/3) pukul 14.00 WIB, video tersebut telah ditonton sebanyak 19 ribu kali lebih dan menuai 28 komentar dari netizen.

Baca Juga:
Jengkelnya Shin Tae-yong ke Egy Maulana Vikri, Dilaporkan Cedera Tapi Bertanding saat Dewa United Hadapi Persib

PENJELASAN

Dalam video berdurasi 9 menit 37 detik tersebut, kanal YouTube Timnas 12 merangkum kabar terbaru dari Timnas Indonesia.

Video tersebut dibuka dengan narasi bahwa Timnas Indonesia senior dan Timnas U-20 melakoni latihan bersama di Stadion PTIK.

Baca Juga:
Blak-blakan, Shin Tae-yong Tak Tahu Burundi Tim yang Seperti Apa

Lalu narasi video tersebut membeberkan porsi latihan di hari pertama pemusatan latihan (TC) di Stadion PTIK yang dilakoni Timnas Indonesia senior dan Timnas U-20.

Narasi video tersebut kemudian dilanjutkan dengan komentar Shin Tae-yong yang buta akan kekuatan Burundi selaku calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday.

Selebihnya, video tersebut mengabarkan soal proses naturalisasi tiga pemain keturunan di Timnas Indonesia U-20 yang telah mendapat restu dari DPR.

Baca Juga:
Kisah Alexis Tibidi Jr, Anak Mantan Bintang Liga Indonesia yang akan Tampil di Piala Dunia U-20 2023

Serta, video tersebut dilanjutkan dengan kabar Timnas Indonesia U-20 jelang partisipasinya di Piala Dunia U-20 2023 pada Mei hingga Juni mendatang.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas dan judul dari video yang diunggah kanal YouTube Timnas 12 itu, dapat disimpulkan bahwa informasi yang diedarkan tak sesuai dengan fakta.

Dalam judul tersebut, kanal YouTube Timnas 12 menggiring opini seakan Shayne Pattynama telah bergabung TC Timnas Indonesia di Stadion PTIK jelang melawan Burundi.

Namun faktanya, pemain keturunan yang baru saja rampung dinaturalisasi itu belum bergabung ke TC hari pertama yang digelar pada Senin (20/3) kemarin.

Lalu judul tersebut menggiring opini bahwa empat pemain Abroad atau yang berkarier di luar negeri telah bergabung ke pemusatan latihan.

Jikapun hal tersebut benar, narasi video tersebut tak membeberkan siapa saja para pemain Abroad tersebut atau mengungkit soal pemain Abroad yang dipanggil.

Bisa disimpulkan bahwa judul dan isi video tersebut tak berkaitan sama sekali, karena tak membahas informasi utama yang ditulis baik dalam judul maupun keterangan video tersebut.

Dengan kata lain, informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube Timnas 12 itu masuk dalam kategori hoaks dan tak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More