Rauhanda Riyantama
Pemain kelahiran Jepang Seiya Da Costa Lay dipanggil ke TC Timnas U-22. (Instagram/@seiya_dacostalay)

Bolatimes.com - Berikut deretan fakta menarik dari seorang Seiya da Costa Lay, pemain keturunan Jepang yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-22.

Sebagaimana diketahui, saat ini Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, tengah ditugaskan untuk menukangi Timnas Indonesia U-22 guna bermain di SEA Games 2023.

Dalam tugasnya kali ini, pria berusia 60 tahun itu pun telah memanggil banyak pemain baik dari Liga 2 dan Liga 1 untuk melakoni pemusatan latihan.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Tumbang Lawan Persikabo 1973, RANS Nusantara FC Kian Tenggelam di Dasar Klasemen

Pemusatan latihan ini sekaligus sebagai ajang seleksi pemain yang akan dibawanya ke pesta olahraga terakbar se Asia Tenggara itu.

Sejauh ini, Indra Sjafri telah melakukan dua seleksi. Terbaru, ia telah memanggil 17 pemain baru untuk mengikuti pemusatan latihan.

Salah satu yang dipanggilnya adalah pemain keturunan Jepang, yakni Seiya da Costa Lay yang tercatat sebagai penggawa Arema FC.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Lagi-lagi dicueki, Thailand dan Rusia Tampil di Piala AFF-nya Asia Tengah

Pemanggilannya ini pun lantas menjadi buah bibir di kalangan penikmat sepak bola Tanah Air, mengingat namanya sempat hilang dari peredaran akibat cedera yang dideritanya.

Berikut Bolatimes.com sajikan deretan fakta menarik dari sosok Seiya da Costa Lay.

1. Keturunan 4 Negara

Baca Juga:
Daftar Lawan Negara ASEAN di FIFA Matchday: Vietnam Absen, Indonesia Lawan Burundi

Banyak yang mengenal Seiya da Costa Lay sebagai pemain keturunan Jepang. Namun, sejatinya ia merupakan keturunan dari empat negara sekaligus.

Diketahui, Seiya da Costa Lay keturunan Indonesia, Portugal, Jepang, dan China. Hal ini lantaran sang kakek keturunan China dan Portugal, sedangkan sang ayah lahir di Indonesia, sedangkan sang ibu keturunan Jepang.

2. Lahir di Jepang, Berstatus WNI

Baca Juga:
Link Live Streaming Garuda Select vs Queens Park Rangers Malam Ini

Meski memiliki darah keturunan dari empat negara, Seiya da Costa Lay tercatat lahir di Jepang, tepatnya di Hiroshima.

Meski lahir di Jepang, siapa sangka Seiya da Costa Lay ternyata memiliki paspor Indonesia, yang membuat dirinya berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).

3. Pemain Versatile

Diketahui, Seiya da Costa Lay berposisi asli sebagai gelandang bertahan. Akan tetapi, dirinya ternyata adalah pemain Versatile atau bisa bermain di berbagai posisi.

Pemain berusia 21 tahun ini diketahui bisa bermain sebagai bek tengah maupun bek kanan karena kemampuan bertahannya yang apik.

4. Sudah Pernah Debut di Liga Indonesia

Seiya da Costa Lay memang jarang terdengar dan terbilang asing. Tapi dirinya ternyata pernah mencatatkan debutnya di Liga Indonesia atau Liga 1.

Ia mencatatkan debutnya bersama Arema FC pada Liga 1 musim ini. Sebelum itu, ia sempat bermain bagi tim berjuluk Singo Edan itu di Piala Menpora pada 2021 lalu.

5. Sempat Alami Cedera Parah

Dalam rentang waktu sejak ia bermain Piala Menpora 2021 dan melakoni debut di Liga 1 musim 2022-2023, Seiya da Costa Lay ternyata pernah mengalami cedera parah.

Cedera parah yang dialaminya yaitu cedera ACL di kaki kirinya, sehingga ia harus menjalani operasi di Jepang yang membuatnya absen di Liga 1 2021 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More