Rauhanda Riyantama
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Suphanan Bureerat (kiri) dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Indonesia dan Thailand bermain imbang 1-1. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom).

Bolatimes.com - Nasib negara berperingkat rendah FIFA, timnas Indonesia kalah pamor dari Thailand yang diundang berlaga di Piala AFF Asia Tengah atau CAFA Championship.

Timnas Indonesia saat ini bertengger di peringkat ke-151 FIFA, menjadi yang ke-5 di bawah Malaysia dan Filipina. Status tersebut lagi-lagi tak membawa keberuntungan bagi timnas Indonesia di kancah internasional.

Ketimbang Indonesia, Federasi Sepak Bola Asia Tengah (CAFA) memilih mengundang Thailand di gelaran Piala AFF-nya mereka. Kabar ini viral di media sosial, merujuk pada unggahan akun Twitter @theaseanball.

Baca Juga:
Link Live Streaming Garuda Select vs Queens Park Rangers Malam Ini

"CAFA (Federasi Sepakbola Asia Tengah) telah memberikan undangan ke Federasi Sepakbola Thailand," tulis akun @theaseanball.

"Untuk berpartisipasi di CAFA Championship 2023 yang berlangsung pada 9 sampai 21 Juni 2023.''

"CAFA juga mengundang Timnas Rusia untuk ambil bagian di CAFA Championship 2023," imbuh mereka.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Eks Real Madrid James Rodriguez Lakoni Latihan Bersama Persija Jakarta, Benarkah?

Thailand tentu lebih menarik bagi CAFA ketimbang Indonesia, skuad Gajah Perang ini merupakan raja sepak bola Asia Tenggara. Mengoleksi tujuh trofi Piala AFF dan menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah gelaran turnamen.

Teranyar tim yang saat ini dikomandoi Alexandre Poelking ini sukses merengkuh gelar juara di Piala AFF 2022. Tak heran Thailand dapat memberi perlawanan kuat bagi tim-tim Asia Tengah di CAFA Champhionship 2023.

Sementara mayoritas anggota CAFA merupakan negara pecahan Rusia, federasi ini juga mengundang Rusia untuk turut serta di ajang mereka.

Baca Juga:
Reaksi Elkan Baggott usai Bawa Cheltenham Town FC Menang Telak

Memanfaatkan status Rusia yang tengah dinonatktifkan UEFA sejak  awal tahun lalu karena perang Ukraina.

Perihal Indonesia tak lebih kondang dari Thailand ini bisa dilihat dari ranking FIFA keduanya. Indonesia hanya unggul dari satu anggota CAFA, yakni Afghanistan.

Sementara anggota CAFA diisi nama-nama mentereng seperti Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan, Kirgizstan dan Iran.

Baca Juga:
Jadi Lawan Timnas Indonesia, Burundi Disebut Negara Aneh oleh Media Vietnam

Khusus untuk Iran dan Afghanistan, kedua negara ini termasuk anggota baru setelah memutuskan pindah dari Federasi Sepak Bola Asia Barat (WAFA).

Kontributor: Eko
Load More