Rauhanda Riyantama
Dua pemain asing Persija Jakarta, Michael Krmencik dan Hanno Behrens (kanan) melakukan selebrasi usai nama kedua mencetak gol ke gawang RANS Nusantara FC dalam laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (16/7/2022). [Persija]

Bolatimes.com - Berikut aturan baru regulasi pemain asing serta aturan jumlah pemain dan pemain naturalisasi suatu klub Liga 1 pasca acara Sarasehan Sepak Bola Nasional yang dihelat PSSI.

PSSI bersama kepengurusan barunya yang dipimpin Erick Thohir, melakukan acara Sarasehan Sepak Bola Nasional yang dihelat Sabtu (4/3) di Surabaya, Jawa Timur.

Dalam Sarasehan tersebut, PSSI turut mengundang perwakilan dari tim Liga 1 maupun Liga 2 untuk membahas sepak bola nasional.

Baca Juga:
Siap-siap, Liga 1 Musim Depan Setiap Klub Cuma Bisa Pakai Satu Pemain Naturalisasi

Pembahasan itu berkaitan dengan banyak hal dan menghasilkan beberapa aturan baru untuk kompetisi musim depan.

Salah satunya adalah soal aturan pemain yang bisa digunakan atau dimaksimalkan oleh setiap klub peserta Liga 1 musim depan.

Dalam acara tersebut, PSSI dan peserta klub Liga 1 menyepakati soal aturan pemain, terutama jumlah pemain di suatu tim, jumlah pemain asing yang bisa digunakan, dan bahkan aturan pemain naturalisasi.

Baca Juga:
Jalani Debut, Pembalap Indonesia Rheza Danica Raih Podium Tertinggi di Kejurnas Mandalika Racing

Seperti apa aturan baru mengenai pemain tersebut? Berikut ulasannya.

1. Kuota Pemain Asing

Sarasehan Sepak Bola Nasional yang digelar PSSI menyepakati soal kuota pemain asing yang ditambah dari yang sebelumnya 3+1 menjadi 4+1.

Baca Juga:
PSSI Tetapkan Format Baru Liga 1 Musim Depan, Begini Penjelasannya

Nantinya, setiap klub peserta Liga 1 bisa merekrut 4 pemain asing dan 1 pemain asing ASEAN yang akan mengubah format 3 pemain asing dan 1 pemain Asia untuk musim ini dan sebelumnya.

Perubahan paling terlihat dari aturan ini adalah setiap klub diwajibkan merekrut 1 pemain ASEAN atau Asia Tenggara, untuk mengubah aturan 1 pemain Asia.

2. Batasan Pemain

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Garuda Select vs Blackburn Rovers, Tim Merah-Putih Pernah Menang 4-0

Pada musim depan, setiap klub Liga 1 diberi kuota pemain sebanyak 35 pemain saja. Uniknya, tak ada batasan untuk pemain asing.

Dengan kata lain, aturan ini memperbolehkan setiap klub merekrut dan mendaftarkan pemain asing untuk mengarungi kompetisi.

Tapi, PSSI membatasi 4+1 pemain asing saja bagi setiap klub untuk dimasukkan dalam Daftar Penetapan Pemain atau saat berlaga.

3. Pembatasan Pemain Naturalisasi

Fenomena banyaknya klub Liga 1 menaturalisasi pemain dengan tujuan untuk mengakali aturan pemain asing juga menjadi sorotan PSSI dalam Sarasehan kali ini.

Imbasnya, PSSI pun akhirnya membatasi setiap klub memiliki pemain naturalisasi musim depan, di mana setiap klub hanya diperbolehkan memiliki dua pemain naturalisasi.

Alhasil, setiap klub Liga 1 tak diperbolehkan memiliki lebih dari dua pemain naturalisasi dalam daftar 35 pemain yang didaftarkan pada musim depan.

Load More