Arif Budi Setyanto
Aksi Rachmat Irianto saat Indonesia kalahkan Kamboja 4-2 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Piala AFF 2022 resmi bergulir pada hari ini, Selasa (20/12/2022). Dalam sejarah turnamen ini, ternyata timnas Indonesia punya rekor apik di fase grup.

Piala AFF sudah berlangsung dari 1996 hingga 2020 lalu. Di edisi terakhir, timnas Indonesia berhasil melaju hingga babak final.

Sayangya anak asuh Shin Tae-yong gagal juara karena tumbang dari Thailand. Kekalahan itu memperpanjang catatan rekor buruk skuad Garuda di final karena sudah kalah enam kali.

Baca Juga:
Link Live Streaming Arema FC vs Madura United di BRI Liga 1, Kick Off 15.00 WIB

Harapan pun datang di Piala AFF 2022 kali ini. Sebab, Shin Tae-yong telah mempersiapkan tim dengan serius serta memanggil para pemain terbaik tanah air.

Di laga pertama fase grup, timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja. Pertandingan ini dijadwalkan pada Jumat (23/12/2022) di Stadion Gelora Bung Karno.

Jelang pertandingan pertama di fase grup Piala AFF 2022, menariknya timnas Indonesia ternyata punya rekor yang mengerikan di fase grup. Apa saja itu?

Baca Juga:
Lakukan Selebrasi Vulgar usai Sabet Golden Glove di Piala Dunia 2022, Begini Komentar Emiliano Martinez

1. Gol Terbanyak

Timnas Indonesia adalah tim yang punya catatan gol terbanyak dalam sejarah Piala AFF 2022. Tercatat skuad Garuda sudah membukukan 122 gol dalam 41 pertandingan.

Hal itu membuat tim Merah Putih punya rata-rata 2,97 gol per pertandingan. Raihan itu unggul dari Thailand hingga Vietnam.

Baca Juga:
Makna Selebrasi Vulgar Emiliano Martinez usai Raih Trofi Sarung Tangan Emas Piala Dunia 2022

Sebab, Thailand baru mengoleksi 116 gol di fase grup. Sedangkan Vietnam mencatatkan 109 gol.

2. Paling sering cetak lima gol atau lebih

Banyaknya gol timnas Indonesia di fase grup Piala AFF memang tidak diragukan lagi. Sebab, skuad Garuda menjadi tim paling sering yang mencetak lima gol atau lebih.

Baca Juga:
Sah Jadi Legenda, Berikut Daftar Lengkap Gelar Milik Lionel Messi usai Juara Piala Dunia 2022

Tercatat timnas Indonesia sudah 10 kali melakukan hal itu di fase grup Piala AFF 2022. Skuad Garuda unggul dari Thailand (6 kali) dan Vietnam (5 kali).

3. Kemenangan terbesar

Timnas Indonesia merupakan tim dengan rekor kemenangan terbesar dalam sejarah Piala AFF. Momen itu terjadi pada tahun 2002 silam.

Kala itu, timnas Indonesia sukses mengalahkan Filipina dengan skor 13-1. Catatan terdekat adalah Singapura yang mengalahkan Laos 11-0.

Load More