Husna Rahmayunita
Timnas Timnas Indonesia U-19 Rabbani Tasnim (melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Filipina U-19 dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). Indonesia menang dengan skor 5-1. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 akan melanjutkan pemusatan latihan mereka dengan menghadapi Turki U-20. Pertandingan uji coba ini akan berlangsung pada Rabu (26/10/2022) malam WIB.

Adapun, ini menjadi laga uji coba kedua Timnas Indonesia U-19 selama menjalani pemusatan latihan di Turki. Sebelumnya, Timnas indonesia U-19 melawan tim lokal.

Meski kurang menjanjikan, Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 atas Cakalliki Spor. Kini, lawan Timnas Indonesia U-19 selanjutnya tidak sembarangan.

Jika menilik kekuatan, Turki U-20 jauh berada di atas Cakalliki Spor. Timnas Turki U-19 saat ini menempati posisi 12 di Eropa di penghitungan koefisien ranking UEFA.

Alhasil, di Kualifikasi Piala Eropa U-19 2023 yang baru saja bergulir pada September 2022, Timnas Turki U-19 ditempatkan di pot 1.

Turki U-20 juga diperkuat oleh pemain-pemain dari klub besar Turki macam Galatasaray dan Fenerbahce. Ada juga pemain yang berkarier di luar negeri, Berkay Yilmaz (SC Freiburg), Jakob Kalayci (Union Berlin), dan Berzan Polat (FC Luzern).

Kendati begitu, Timnas Indonesia U-19 masih punya peluang untuk mengalahkan Turki U-20. Apa saja alasannya?

1. Tren Sedang Positif

Timnas Indonesia U-19 datang ke Turki untuk pemusatan latihan dengan tren positif. Mereka datang dengan modal lolos ke Piala Asia U-20 2023 sebagai juara grup.

Tren positif itu berlanjut dengan meraih hasil kemenangan saat melakoni laga uji coba pertama mereka di Turki melawan Cakalliki Spor.

Dengan tren positif ini, tentu saja diharapkan bisa menjadi modal berharga bagi Marselino Ferdinan dan kolega untuk melawan Turki U-20.

2. Motivasi Melawan Tim Eropa

Bisa melawan tim Eropa seperti Turki U-20 tentu bukan kesempatan yang sering datang buat para pemain Timnas Indonesia U-19.

Harapannya, kesempatan langka ini bisa menjadi tambahan motivasi buat mereka untuk memberikan hasil terbaik dan menambah kepercayaan diri dengan mengalahkan Turki U-20.

3. Faktor Shin Tae-yong

Shin Tae-yong merupakan pelatih berpengalaman yang sudah tidak asing melawan tim-tim asal Eropa. Tengok saja pengalamannya saat menukangi Timnas Korea Selatan.

Beberapa tim Eropa sempat dihadapi Shin Tae-yong sebagai pelatih Korea Selatan, yang paling ikonik tentu saja saat Korea Selatan mengalahkan Jerman sekaligus membuat Jerman angkat koper dari Piala Dunia 2018.

Pengalaman melawan tim-tim Eropa ini bisa menjadi modal penting bagi Timnas Indonesia U-19 karena punya pelatih yang tak asing dengan kekuatan dan cara bermain tim Eropa.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More