Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)

Bolatimes.com - Menpora Zainudin Amali diberikan tugas khusus oleh Presiden RI Joko Widodo, yang akrab disapa Jokowi, untuk menyiapkan kantor bagi aktivitas FIFA selama di Tanah Air.

Seperti diketahui, FIFA bersama AFC akan berkantor di Jakarta untuk sementara waktu dalam upaya transformasi sepak bola Indonesia bersama PSSI dan pemerintah.

FIFA, AFC, PSSI, dan pemerintah akan saling berkolaborasi dalam sebuah tim task force transformasi sepak bola Tanah Air. Tim ini dibentuk menindaklanjuti Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu agar tidak kembali terulang.

Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) , Presiden FIFA Gianni Infantino (kanan), dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (dok. PSSI).

Perwakilan FIFA dan AFC saat ini sudah berada di Indonesia. Bahkan, Presiden FIFA Gianni Infantino secara khusus datang ke Indonesia, Selasa (18/10/2022).

Selain bertemu dengan Presiden Jokowi dan juga PSSI, Infantino juga menyempatkan waktu bermain di laga persahabatan FIFA vs PSSI yang digelar di Stadion Madya Selasa malam.

"Saya kira Presiden FIFA saat kemarin bertemu Presiden Joko Widodo sangat senang dengan perkembangan sepak bola Indonesia," kata Amali saat ditemui di kawasan GBK, Rabu (19/10/2022).

"Lihat komitmen FIFA akan melakukan asistensi terhadap persepakbolaan Indonesia. Bahkan mereka sudah menyampaikan akan berkantor di sini."

"Saya ditugaskan Bapak Presiden untuk menyiapkan beberapa calon kantor untuk ditempati tim FIFA. Silakan mereka memilih. Saya siapkan beberapa tempatnya," tambahnya.

Amali berharap FIFA mau berkantor di kawasan Gelora Bung Karno dan sekitarnya. Menurutnya, hal itu akan memudahkan mereka berkoordinasi karena letaknya yang dekat dengan gedung Kemenpora dan PSSI.

"Saya sih berharap di sekitar sini (GBK) agar tak jauh koordinasinya. Tapi jika mereka berkeinginan di tempat lain, kami tetap akan siapkan itu," pungkasnya.

Load More