Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sonhadji angkat bicara terkait ancaman mundur Shin Tae-yong dari kursi pelatih Timnas Indonesia andai Mochamad Iriawan atau Iwan Bule lengser.

Menurut Sonhaji sikap Shin Tae-yong tersebut merupakan hak seorang pelatih. Ia menduga, pernyataan Shin Tae-yong merupakan bentuk solidaritas kepada Iwan Bule yang didesak mundur imbas Tragedi Kanjuruhan.

"Soal unggahan Shin Tae-yong, itu terserah beliau. Kalau mau lebih didalami, silakan tanya langsung," kata Sonhadji di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Kamis (13/10/2022).

"Mungkin itu bentuk solidaritas Shin Tae-yong kepada Ketua PSSI. Tapi, saya tidak tahu. Silakan tanya yang bersangkutan," jelasnya.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong sedang dalam sorotan karena terkesan pasang badan untuk Iwan Bule yang tengah dalam tekanan hebat pasca Tragedi Kanjuruhan.

Iwan Bule didesak mundur oleh banyak pihak termasuk pecinta sepak bola Indonesia lantaran dianggap bertanggung jawab dalam insiden berdarah yang menewaskan setidaknya 132 orang itu.

Shin Tae-yong dalam unggahannya di Instagram, Rabu (12/10/2022), menganggap desakan mundur terhadap Iwan Bule tidaklah adil. Dia menilai tanggung jawab dalam Tragedi Kanjuruhan bukan hanya urusan Ketua Umum PSSI semata.

Bahkan, Shin Tae-yong menggertak dengan mengancam bakal mundur andai Iwan Bule dipaksa meletakkan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Sonhadji menduga Shin Tae-yong bersimpati kepada Iwan Bule sehingga pasang badan dan bahkan mengancam akan mundur sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Tidak hanya Shin Tae-yong, sebagian penggawa Timnas Indonesia juga mendukung mantan Kapolda Metro Jaya itu untuk terus menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, salah satunya pemain Ansan Greeners Asnawi Mangkualam.

Eks PSM Makassar itu merasa Iriawan adalah sosok ketua umum terbaik sepanjang karier sepakbola profesionalnya.

"This is true, Pak Iwan Bule masih yang terbaik untuk PSSI," tulis Asnawi dalam unggahan story di Instagram.

Load More