Irwan Febri Rialdi
Kiper Borneo FC, Daffa Fasya. (Dok. Borneo FC

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, tampaknya hanya memanggil sedikit pemain yang benar-benar baru untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) jangka panjang di Turki dan Spanyol.

Sebab, dari total 34 nama pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC timnas Indonesia U-19 ini, hanya ada satu nama yang statusnya adalah pemain baru.

Sosok nama pemain yang dimaksud ialah Daffa Fasya Sumawijaya. Dia adalah penjaga gawang muda yang berasal dari Borneo FC.

Pemanggilan Daffa Fasya untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) jangka panjang timnas Indonesia U-19 ini tak terlepas dari absennya Cahya Supriadi yang tengah menjalani proses penyembuhan cedera.

Sementara itu, nama-nama pemain lainnya sudah pernah diuji kemampuannya oleh Shin Tae-yong di berbagai ajang. Mulai dari TC Korea Selatan tahun lalu, gelaran Piala AFF U-19 2022, hingga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Pelatih asal Korea Selatan ini memang sempat memanggil beberapa nama yang sempat absen pada dua kejuaraan yang disebut terakhir tersebut.

Salah satunya adalah Muhammad Dzaky Asraf. Pemain ini sempat dipanggil untuk mengikuti TC persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Surabaya. Namun, dari daftar 23 pemain terakhir yang dibawa untuk tampil di ajang itu, Dzaky Asraf tercoret.

Lalu ada pula dua pemain asal Persis Solo, Aulia Ramadhan dan Marcell Januar Putra. Keduanya sempat berlatih secara intensif bersama skuad timnas U-19 di pemusatan latihan Korea Selatan yang berlangsung pada akhir 2021 lalu.

Jika melihat pola semacam ini, Shin Tae-yong sepertinya sudah memiliki kerangka dan pakemnya untuk membangun skuad yang tangguh.

Sebab, dari nama-nama pemain yang dipanggil, tidak ada bongkar pasang yang terlalu mencolok dari satu turnamen ke turnamen yang lain.

Dengan demikian, 34 pemain ini adalah nama-nama terbaik yang telah berhasil memikat hati Shin Tae-yong. Mereka bakal menjadi andalan ketika menghadapi dua ajang bergengsi tahun depan.

Yang pertama, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan akan menghadapi Piala Asia U-20 2023 yang diselenggarakan di Uzbekistan pada 2 hingga 18 Maret.

Setelah itu, tim ini juga akan melanjutkan persiapan untuk menghadapi gelaran Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Saat ini, para pemain tersebut sudah berada di Jakarta untuk menggelar persiapan awal sembari menunggu terbitnya visa. 

Selanjutnya, pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-19 ini rencananya akan dilanjutkan ke Turki, yakni mulai 10 Oktober hingga 5 November 2022.

Setelah itu, tim asuhan Shin Tae-yong akan bertolak ke Spanyol untuk melanjutkan pemusatan latihan jangka panjang hingga 4 Desember 2022.

Selama di Eropa, timnas Indonesia U-19 juga akan menjalani laga uji coba. Tentu hal ini dilakukan agar mental dalam pertandingan serta Shin Tae-yong melihat bagaimana para pemain menjalankan strateginya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More