Irwan Febri Rialdi
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai lolos ke Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Sejumlah nama pemain timnas Indonesia U-19 dinilai memiliki kualitas mumpuni dan layak untuk dibawa Shin Tae-yong bermain di ajang Piala AFF 2022.

Alasannya, pemain-pemain muda ini menjadi sosok penting dan tak tergantikan di skuad timnas Indonesia U-19. Beberapa di antaranya bahkan sudah bermain reguler bersama klubnya masing-masing di Liga 1 2022-2023.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong diharapkan bisa memberikan kesempatan lebih banyak untuk pemain-pemain ini pada Piala AFF 2022 yang akan datang.

Sebab, pemain muda ini juga harus dipersiapkan untuk menjadi pemimpin timnas Indonesia U-19 yang akan menghadapi berbagai ajang bergengsi di tahun 2023.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar nama pemain timnas Indonesia U-20 yang layak memperkuat tim senior yang tampil di Piala AFF 2022.

1. Muhammad Ferarri

Bek muda Persija Jakarta, Muhammad Ferrari, layak dipertimbangkan Shin Tae-yong untuk mengisi barisan pertahanan timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Sebab, dia adalah salah satu nama pemain yang diproyeksikan untuk menjadi pemimpin timnas U-20 di dua ajang bergengsi tahun depan.

Tentu saja, pengalaman bermain di Piala AFF 2022 akan menambah jam terbang pemain ini. Sebab, dia cukup diandalkan pelatih Persija, Thomas Doll, untuk bermain bersama Ondrej Kudela dkk di lini pertahanan.

2. Zanadin Faris

Di sektor lini tengah, timnas Indonesia U-19 memiliki satu pemain muda berkualitas yang layak mendapat kesempatan tampil di Piala AFF 2022.

Sosok yang dimaksud ialah Zanadin Fariz. Gelandang muda milik Persis Solo ini sudah cukup reguler bermain di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Dia juga tampil impresif untuk membawa timnas Indonesia U-19 lolos dari fase Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Surabaya beberapa waktu lalu.

3. Kakang Rudianto

Kakang Rudianto menjadi salah satu nama yang sudah membuktikan kualitasnya sebagai pemain bertahan potensial di skuad timnas Indonesia U-19.

Pemain asal Persib Bandung ini tak cuma piawai menjaga area pertahanannya, tetapi juga kerap maju ke depan untuk membantu penyerangan dengan menyumbangkan assist.

Selain itu, Kakang juga sudah mendapat kesempatan tampil di level tertinggi bersama Persib Bandung di Liga 1 2022-2023.

4. Robi Darwis

Kualitas yang dimiliki Robi Darwis membuatnya jadi salah satu pemain yang diandalkan Shin Tae-yong pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 lalu.

Bahkan, dia juga mendapat peran yang berbeda untuk bermain sebagai libero di skema tiga bek. Padahal, posisi aslinya adalah gelandang bertahan.

Robi sebetulnya tak hanya piawai membaca permainan. Sebab, ia juga mampu mengirimkan umpan via lemparan jarak jauh seperti Pratama Arhan.

5. Marselino Ferdinan

Sebagai salah satu pemain yang menjadi andalan Shin Tae-yong, Marselino Ferdinan layak dipertimbangkan untuk memperkuat timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2022.

Pasalnya, meski masih berusia 18 tahun, Marselino Ferdinan sudah mendapat banyak kesempatan dari Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas senior.

Contohnya saja, dia bermain dua kali saat skuad Garuda menghadapi Curacao pada ajang FIFA Matchday beberapa waktu lalu. Selain itu, ia juga sudah menjadi pemain yang tampil reguler bersama Persebaya Surabaya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More