Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong dan Hokky Caraka usai kalahkan Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-19 2023. (Bolatimes.com/Arief Budi S)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong memainkan Robi Darwis di luar posisi aslinya ketika menghadapi Timor Leste dalam matchday pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Walau tampil tidak di posnya, pemain muda Persib Bandung ini mampu tampil apik.

Sebagai informasi, Robby Darwis biasanya bermain sebagai gelandang bertahan. Akan tetapi, di laga timnas Indonesia U-19 vs Hong Kong, pemain berusia 18 tahun tersebut dipercaya sebagai bek.

Hasilnya pun moncer karena Robi Darwis membantu timnas Indonesia U-19 menang telak 4-0 melawan Timor Leste. Namanya juga tercatat dua kali sebagai pemberi assist.

Terkait perubahan posisi bermain ini, Shin Tae-yong mengakui bahwa ia sedang mencari taktik baru bagi timnas Indonesia.

"Memang bukan posisi dia (Robi Darwis) dia aslinya, tetapi kita sedang menggunakan atau memberi warna baru atau taktik baru di tim. Dipersiapkan agar semakin matang dan baik," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers.

Walau begitu, juru taktik asal Korea Selatan ini tidak menggaransi apakah pemain muda Persib itu akan tampil di bek lagi atau kembali ke posisi aslinya. Itu dilakukan demi menutupi informasi ke publik.

Nah, jika Shin Tae-yong serius ingin mengubah Robi Darwis sebagai bek tengah, maka hal itu mirip dengan perubahan posisi Mascherano di Barcelona.

Pasalnya Mascherano dulu merupakan pemain yang tampil di gelandang bertahan dan setelah bergabung Barcelona, ia lambat laun dipercaya sebagai bek.

Menarik dinantikan apakah Shin Tae-yong memang benar bakal mengubah peran Robi Darwis bak Mascerano saat di Barcelona.

Load More