Rauhanda Riyantama
Potret pemain Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Menakar peta persaingan yang akan tercipta di grup A Piala AFF 2022. Akankah Timnas Indonesia lolos dari fase grup dan melangkah ke semifinal?

Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara atau AFF, belum lama ini melaksanakn Drawing pembagian grup untuk gelaran Piala AFF 2022.

Untuk edisi 2022 ini, ajang dua tahunan tersebut akan digelar pada akhir Desember 2022 hingga awal Januari 2023.

Baca Juga:
Optimis dengan Hasil Undian Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Pede Bisa Antar Timnas Indonesia Juara

Dalam Drawing tersebut, Timnas Indonesia pun tergabung di grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan salah satu pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Jika menilik sejarah, ini menjadi kali kelima Timnas Indonesia akan berada dalam satu grup bersama Thailand dan Filipina di Piala AFF.

Melihat pembagian grup tersebut, lawan berat yang menanti Timnas Indonesia diprediksi hanya Thailand dan Filipina saja.

Baca Juga:
Panik Segrup dengan Indonesia di Piala AFF 2022, Pelatih Thailand bakal Panggil Pemain Terbaik

Mengingat hanya ada dua negara saja yang lolos ke semifinal, yakni juara grup dan Runner Up grup, maka Thailand dan Filipina akan menjadi lawan bagi Timnas Indonesia kelak.

Lantas, bagaimana peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022?

Berkaca dari Sejarah

Baca Juga:
Viral, Pesepak Bola Harus Angkat Kaki dari Lapangan Lebih Cepat karena Dijemput Pacar

Jika berkaca pada sejarah, Timnas Indonesia setidaknya sudah 4 kali berada dalam satu grup bersama Thailand dan Filipina.

Timnas Indonesia berada dalam satu grup bersama Thailand dan Filipina yakni pada Piala AFF 1998, 2000, 2016, dan 2018.

Dalam 4 edisi tersebut, Timnas Indonesia tercatat mampu mengangkangi Filipina dan lolos ke semifinal bersama Thailand.

Baca Juga:
Melaju ke 16 Besar Japan Open 2022, Kevin/Marcus Akui Beruntung di Poin-poin Akhir

Hanya sekali saja skuad Garuda gagal ke semifinal bersama Thailand dan posisinya direbut Filipina, yakni pada Piala AFF 2018.

Sejarah apik itu bisa saja terulang di Piala AFF 2022. Pasalnya, Filipina saat ini tengah dalam kondisi yang tak baik secara keseluruhan.

Di Piala AFF 2020 lalu, Filipina pun harus gagal melangkah ke semifinal. Selain itu, di Kualifikasi Piala Asia 2023 juga The Azkals juga gagal lolos karena hanya berada di posisi buncit Runner Up grup terbaik.

Di sisi lain, Timnas Indonesia juga tengah moncer bersama Shin Tae-yong. Di Piala AFF 2020 lalu, tim Merah Putih mampu lolos ke babak final.

Belum lagi dengan pencapaian Timnas Indonesia yang lolos ke Piala Asia 2023 usai menjadi Runner Up terbaik kedua di babak kualifikasi.

Melihat kondisi ini, peluang Timnas Indonesia untuk lolos dari fase grup dan melaju ke semifinal Piala AFF 2022 pun terbuka lebar.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More