Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Jawa Timur. (Dok. Persebaya)

Bolatimes.com - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dikabarkan batal menjadi venue Piala Dunia U-20 2023. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) angkat bicara.

Stadion GBT termasuk satu dari enam venue yang rencananya digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Stadion tersebut juga telah dikunjung pihak FIFA saat melakukan inspeksi calon stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023.

Dalam kunjungan itu, FIFA mengeluarkan catatan cukup banyak agar GBT bisa dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023. Hal itu jadi pemicu munculnya isu bahwa markas Persebaya Surabaya tersebut batal digunakan.

Catatan tersebut seperti masalah lalu lintas menuju ke Stadion GBT. Kemudian bau dari TPA Benowo yang kini sudah teratasi karena ditutup memakai geomembran dan dilakukan penyemprotan anti bau secara rutin.

FIFA juga meminta adanya pembangunan tangga lapangan dan juga penambahan genset cadangan. Federasi Sepak Bola Interansional itu juga meminta pemasangan permanen area kamera serta penambahan area difabel.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku belum mendapat pemberitahuan apapun dari FIFA. Tapi, sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebut kemenungkinan batal bisa terjadi tergantung arahan FIFA.

"Belum (ada keputusan), nanti kita tunggu perkembangan, kita harus ada surat resmi dari FIFA," kata Iriawan kepada awak media, Senin (15/8/2022).

Adapun selain GBT, ada lima stadion lain yang dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023. Yaitu Jakabaring (Palembang), Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

"Enam venue masih ada dalam form di FIFA dan nanti kita tunggu, apa pun hasilnya tentu itu hak FIFA untuk bisa menentukan venue dimana dan sebagainya, kita sudah maksimal," pungkasnya.

Sementara itu, Piala Dunia U-20 di mana Indonesia menjadi tuan rumah akan berlangsung pada Mei-Juni 2023.

Load More