Irwan Febri Rialdi
Timnas Curacao saat berlaga di Concacaf Nations League pada 2019 silam. (Daniel Munoz/AFP)

Bolatimes.com - PSSI tengah menjanjaki sejumlah negara untuk menjadi lawan timnas Indonesia pada ajang FIFA Matchday periode September. Salah satu yang sedang dibidik ialah Curacao.

Selain Curacao, timnas Indonesia juga berpotensi melawan sejumlah klub Asia lainnya. Mereka adalah India dan Hong Kong.

Meskipun demikian, catatan khusus yang masih menjadi pertimbangan bagi Curacao ialah regulasi vaksinasi Covid-19 yang berlaku di Indonesia.

Baca Juga:
Profil Bhayangkara FC di Liga 1 2022/2023: Dilatih Legenda Timnas Indonesia, Materi Pemain Mumpuni

Sebab, PSSI meminta seluruh anggota timnas Curacao, mulai dari pemain, pelatih, hingga ofisial, untuk memenuhi persyaratan vaksinasi agar bisa masuk ke Indonesia.

“PSSI kini sedang melakukan komunikasi intens dengan tiga negara tersebut. Sayangnya ada kendali bagi Curacao karena ada sebagian pemain dan ofisial yang masih belum vaksin.

"PSSI terus melakukan komunikasi dengan tiga negara itu. Tetapi, untuk Curacao ada kendala. Sebab sebagian pemain dan ofisial belum melakukan vaksin," ucap Shin Tae-yong dikutip dari situs resmi PSSI dilansir pada Rabu (20/7/2022).

Baca Juga:
Dilibas Wakil Malaysia, Komang Ayu Cahya Dewi Tersingkir dari Taipei Open 2022

Curacao tentu saja akan menjadi lawan yang cukup menantang bagi timnas Indonesia. Sebab, secara peringkat di ranking FIFA, mereka saat ini berada di urutan 84, seperti dikutip dari laman resmi per Juni 2022.

Profil Timnas Curacao

Meskipun timnas Curacao bukanlah tim yang akrab di telinga masyarakat Indonesia, tim yang berbasis di Amerika Utara ini punya skuad yang cukup mentereng.

Baca Juga:
Kurnia Meiga Doakan Arema FC Juara Liga 1 usai Menangkan Piala Presiden 2022

Sebab, anggota CONCACAF yang terletak di Kepulauan Karibia ini mayoritas pemainnya berstatus abroad alias berkarier di luar negeri.

Apabila merujuk pada daftar 23 nama pemain yang dipanggil timnas Curacao pada ajang CONCACAF Nations League 2022-2023, semua nama yang dipanggil merupakan pemain-pemain abroad.

Beberapa di antaranya bahkan berkarier bersama sejumlah klub elite di Liga Inggris. Pemain yang dimaksud ialah Leandro Bacuna (Cardiff City) dan Juninho Bacuna (Birmingham City).

Baca Juga:
Deretan Selebrasi Unik Pebulu Tangkis usai Sabet Gelar Juara, Terkini Anthony Ginting Banting Raket

Selain dua nama ini, masih ada banyak pemain yang berkarier di Liga Belanda, mulai dari Cuco Martina (Go Ahead Eagles), Jurien Gaari (RKC Waalwijk), hingga Michael Maria (NAC Breda).

Pemain-pemain yang disebutkan ini memiliki catatan penampilan yang tak sedikit bersama timnas Curacao. Cuco Martina, misalnya, telah mencatat 51 caps bersama timnas.

Profil mentereng timnas Curacao tak hanya berhenti di situ saja. Di sektor kepelatihan, mereka pernah menggunakan pelatih-pelatih berkaliber dunia semacam Guus Hiddink hingga Patrick Kluivert.

Untuk saat ini, tim yang menduduki peringkat 84 FIFA ini diasuh oleh juru taktik asal Belanda, Art Langeler. Di ajang CONCACAF Nations League 2022-2023, mereka duduk di urutan ketiga klasemen Grup C.

Berikut daftar pemain timnas Curacao ketika terakhir kali menghadapi laga CONCACAF Nations League 2022-2023 melawan Kanada pada 9 Juni 2022.

Kiper

1. Eloy Room (Columbus Crew)

2. Tyrick Bodak (Jong PSV)

3 Jean-Marc Antersijn(IFK Eskilstuna)

Belakang

4. Cuco Martina (Go Ahead Eagles)

5. Juriën Gaari(RKC Waalwijk)

6. Michaël Maria (NAC Breda)

7. Suently Alberto (Pandurii)

8. Bradley Martis (IJsselmeervogels)

9. Roshon van Eijma (TOP Oss)

10. Dylan Timber (Jong FC Utrecht)

Gelandang

11. Leandro Bacuna (Cardiff City)

12. Elson Hooi (Al Tadhamon)

13. Brandley Kuwas (Maccabi Tel Aviv)

14. Juninho Bacuna (Birmingham City)

15. Roly Bonevacia (Al Tadhamon)

16. Kenji Gorré (Boavista)

17. Vurnon Anita (RKC Waalwijk)

18. Kevin Felida (RKC Waalwijk)

19. Joshua Zimmerman (Oud-Heverlee Leuven)

Depan

20. Rangelo Janga (Apollon Limassol)

21. Gervane Kastaneer (PEC Zwolle)

22. Anthony van den Hurk (Helsingborgs IF)

23. Jearl Margaritha (TOP Oss)

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More