Husna Rahmayunita
Pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-Yong (tengah) menyapa suporter usai pertandingan melawan Myanmar U-19 dalam matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam. [ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke Piala AFF U-19 2022 usai kalah head to head dari Vietnam dan Thailand di matchday terakhir. Media Vietnam membahas rekor buruk Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sempat menyebut Vietnam dan Thailand takut akan Timnas Indonesia U-19 sehingga cuma bermain imbang 1-1 di laga terakhirnya. Ia turut menyentil keputusan pelatih dua negara tersebut.

Melalui Instagram, Senin (11/7/2022) Shin Tae-yong mengunggah cuplikan laga Vietnam vs Thailand di mana kedua kesebelasan terlihat tidak mau menang saat skor menunjukna 1-1.

Dalam cuplikan video itu terlihat Golden Star Warriors --julukan timnas Vietnam-- asuhan Dinh The Nam cuma mengoper-oper bola di area pertahanan sendiri dan di sisi lain, Thailand yang dilatih Salvador Garcia juga tidak mencoba untuk menganggu permainan lawan.

"Apa kah ini benar Fair Play yang sebenar-benarnya? Saya ingin tanya kepada para fans bola. Sangat mengecewakan sebagai pelatih kepala yang pekerjaannya sama," tulis Shin Tae-yong di akun Instagram miliknya, @shintaeyong7777.

Shin Tae-yong mengisyaratkan apa yang diinstruksikan pelatih Vietnam maupun Thailand mencoreng asas fair play khususnya di ajang kelompok umur yang berisi pemain-pemain muda.

"Apa yang para pemain muda bisa rasakan dan apa yang para pemain muda bisa belajar dari pertandingan tersebut?," cibir pelatih 52 tahun itu.

Media Vietnam kemudian merespons kritik Shin Tae-yong dengan sebuah artikel berisi rekor buruk juru taktik asal Korea Selatan itu ketika berhadapan dengan Vietnam dan Thailand sejak ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia pada Desember 2019.

"Di penghujung tahun 2019, pelatih Shin Tae-yong resmi menandatangani kontrak dengan Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI). Total di semua level (Senior, U-23, U-19), ahli strategi asal Korea Selatan itu belum pernah menang atas Vietnam dan Thailand," tulis media Vietnam, The Thao 247.

"Setelah dua pertandingan di SEA Games U-19 baru-baru ini, "rekor menyedihkan" ini telah diperpanjang menjadi 30 bulan."

Selama menjabat pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah menghadapi Vietnam di semua level (Senior, U-23, U-19) sebanyak empat kali, sementara dia sudah menghadapi Thailand lima kali.

Dari total empat laga kontra Vietnam, Shin Tae-yong membawa timnas Indonesia dua kali imbang dan dua kali kalah. Sementara dengan Thailand, Indonesia di bawah Shin Tae-yong punya rekor tiga imbang dan dua kalah.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More