Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong disebut takut anak asuhnya terdepak dari Piala AFF U-19 2022 oleh media Vietnam jelang laga terakhir di fase grup.

Diketahui, nasib Timnas Indonesia U-19 akan ditentukan oleh hasil laga Vietnam U-19 vs Thailand yang juga akan digelar dalam waktu bersamaan, Minggu (10/7/2022).

Merujuk regulasi, dua tim terbaik akan ditentukan lewat hasil head-to-head di akhir fase grup. Saat ini Vietnam U-19 dan Thailand menempati urutan pertama dan kedua klasemen Grup A dengan koleksi 10 poin.

Sementara itu, anak asuh Shin Tae-yong ada di posisi ketiga dengan torehan delapan poin. Bila menilik regulasi, Timnas Indonesia U-19 belum tentu bisa ke semifinal, meski berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor berapa pun.

Syarat Skuad Garuda Nusantara bisa melaju ke semifinal yakni laga Timnas Vietnam U-19 vs Thailand tak berakhir dengan skor imbang 1-1, 2-2 atau seterusnya.

Sebaliknya, andai Vietnam dan Thailand saling mengalahkan, lalu Timnas Indonesia U-19 menaklukkan Myanmar, maka anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong langsung ke semifinal bersama Vietnam atau Thailand.

Menyusul aturan tersebut, media Vietnam menyebut Shin Tae-yong takut anak asuhnya tak bisa melanjutkan di Piala AFF U-19 2022.

Terlebih sebelumnya, ia sempat mengelurkan pernyataan yang intinya tak mau memikirkan hasil laga Vietnam U-19 vs Thailand.

"Pelatih Shin Tae-yong takut Timnas Indonesia U-19 akan tersingkir saat pertandingan antara Vietnam U-19 vs Thailand berakhir imbang dengan gol," tulis media Vietnam TheThao247.

"Tim tuan rumah tertingga dua poin dari dua tim terdepan, tidak lagi memiliki hak untuk menentukan nasib sendiri dan harus berharap banyak dari hasil pertandingan Vietnam U-19 vs Thailand," imbuhnya.

Laga Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar akan digelar di Stadion Candrabhaga, Bekasi. Minggu (10/7/2022) pukul 20.00 WIB. Di waktu bersamaan, juga dihelat pertandingan Vietnam U-19 vs Thailand di Stadion Madya.

Load More