Husna Rahmayunita
Tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi membuka keunggulan pertama bagi tim Indonesia di penyisihan Grup A Piala Uber 2022 saat melawan Prancis di Bangkok, Thailand, Minggu. ANTARA/Roy Rosa Bachtiar

Bolatimes.com - Tunggal putri Indonesia di Piala Uber 2022, Komang Ayu Cahya Dewi menarik perhatian penggemar bulu tangkis Tanah Air lewat penampilan impresifnya.

Komang Ayu Cahya Putri menjadi tumpuan pertama tim Uber Indonesia di Piala Uber 2022, dimulai saat berhadapan dengan Prancis di babak penyisihan grup.

Namun laga pertamanya itu sempat membuat Komang Ayu sedikit gugup setelah membutuhkan tiga gim untuk menyingkirkan wakil Prancis, Qi Xuefei.

Beruntung perempuan kelahiran Buleleng, Bali ini berhasil menyudahi pertandingan dengan skor akhir 22-20, 19-21, 21-18.

Diakui oleh Komang Ayu, panik dan gampang kehilangan banyak angka merupakan salah satu kelemahan yang ia miliki hingga saat ini.

"Senang bisa menang dan mempersembahkan satu angka kemenangan bagi Indonesia. Tadi tegang juga karena ini untuk pertama kalinya saya tampil di ajang besar sekelas Piala Uber," ucap Komang.

"Ketegangan sempat menghinggapi saya, terutama setelah unggul dan dikejar lawan, saya selalu panik dan gampang kehilangan banyak angka. Itu kelemahan saya.

"Saya lebih senang mengejar dan sering malah dapat angka." imbuhnya.

Terlepas dari itu, Komang Ayu merupakan salah satu dari sedikit banyak pebulu tangkis asal Bali yang sukses menunjukkan kualitasnya di kompetisi internasional.

Namanya melejit setelah menorehkan gelar juara di PON XX Papua 2021 sekaligus mencetak sejarah untuk Bali dengan meraih medali perak.

Catatan itu memutus puasa gelar medali Bali di PON yang sudah berlangsung sejak 73 tahun lamanya, Komang Ayu pun mengaku senang mampu mencetak sejarah untuk tempat kelahirannya.

Tak heran mengapa saat ini Komang Ayu berkesempatan menjadi wajah pertama Indonesia di Piala Uber 2022 melawan wakil-wakil kuat.

Diharapkan langkah tim Uber Indonesia mampu lolos dari babak penyisihan grup dan melangkah lebih jauh di gelaran kali ini, berikut biodata Komang Ayu Cahya Dewi.

Profil Komang Ayu Cahya Dewi

Nama: Komang Ayu Cahya Dewi

Tempat dan tanggal lahir: Buleleng, Bali,  21 Oktober 2002

Tangan dominan: Kanan

Nomor: Tunggal putri

Prestasi:

Runner up Liga PB Djarum II 2020 (Tunggal Putri U-17 & U-19 & Dewasa)
Semifinalis Italian Junior International Challenge 2020 (Tunggal putri U-19)
Semifinalis Djarum Sirnas Premier Jawa Barat Open 2019 (tunggal dewasa putri)
Juara Djarum Sirnas Premier Jawa Tengah Open 2019 (tunggal taruna putri)
Semifinalis Kejurnas Beregu Campuran Dewasa 2018
Runner up Djarum Sirnas Bali Open 2018 (tunggal remaja putri)
Juara Superliga Junior 2018 (beregu putri U-17)
Juara Djarum Sirnas Kaltim Open 2018 (tunggal remaja putri)
Juara USM Flypower 2017 (tunggal remaja putri).

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More