Husna Rahmayunita
Pebulu tangkis putri Komang Ayu Cahya Dewi berusaha mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis putri Jawa Timur Sri Fatmawati pada pertandingan semi final bulu tangkis beregu putri PON Papua di GOR Waringin Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj

Bolatimes.com - Tim bulu tangkis beregu putri Indonesia memastikan diri ke semifinal usai mengalahkan Kamboja, Selasa (19/5/2023).

Wakil Merah Putih menang 3-0 atas tuan rumah pada pertandingan yang diberlangsung di Morodok Techo Badminton Hall, Phnom Penh. Tiga utusan Indonesia berhasil mengalahkan lawan masing-masing.

Tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi membuka kemenangan Indonesia setelah menumbangkan Phon Chenda dengan skor 21-4, 21-4. Kemenangan tersebut menjadi yang pertama bagi Komang di SEA Games.

Baca Juga:
Profil Jeff Jiang Jie, Pelatih Timnas Voli Indonesia yang Persembahkan Emas SEA Games 2023


"Sangat antusias karena ini SEA Games pertama saya. Ada rasa tegang saat masuk lapangan tapi setelah itu hilang. Pada pertandingan ini, saya mencoba-coba pukulan untuk adaptasi. Saya ingin bawa beregu putri meraih medali setidaknya sama dengan tahun lalu, kalau bisa lebih baik," kata Koman.

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menyusul kemenangan Komang. Mereka mengalahkan wakil Kamboja Chheng Huy/Seavty Teav dengan skor 21-12, 21-15.

Keduanya juga memanfaatkan lag pertama kali ini untuk beradaptasi dengan kok dan lapangan.

Baca Juga:
Thailand dan Vietnam Lolos ke Semifinal SEA Games 2023, Siapa yang Jadi Lawan Timnas Indonesia U-22?

"Kami di pertandingan pertama ini lebih menyesuaikan kondisi dan suasana lapangan. Pada awal laga kami mencoba menerapkan pola permainan yang lain, tapi justru tertinggal. Setelah itu kami kembali ke pola awal," ujar Amalia.

Kepastian Indonesia melaju ke semifinal setelah Ester Wardoyo menghentikan perlawanan tunggal putri Kamboja Heang Leakhena dengan 21-6, 21-8.

"Senang hari ini bisa menyumbang poin kemenangan untuk Indonesia. Permainan tadi cukup bisa mengontrol permainan dan memang masih coba membuat enak pukulan-pukulan karena lawan juga masih di bawah saya," ujar Ester.

Baca Juga:
Prediksi Real Madrid vs Manchester City di Semifinal Liga Champions Malam Ini

Pada babak empat besar, Indonesia akan berhadapan dengan Filipina yang sebelumnya mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0.

"Kami harus tetap jaga kondisi, stamina, teknis dan non-teknisnya. Filipina kemarin menang lawan Malaysia jadi nanti kami akan pelajari permainan mereka," kata Febriana.

(Antara)

Baca Juga:
Hadapi Kamboja, Ramadhan Sananta Berambisi Beri Kemenangan untuk Timnas Indonesia U-22

Load More