Rabu, 06 Juli 2022
Rauhanda Riyantama : Selasa, 12 April 2022 | 19:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Nama Ivar Jenner ramai dibicarakan kalangan pecinta sepak bola Indonesia setelah disebut-sebut bakal menjadi pemain naturalisasi untuk skuat Garuda Muda di Piala Dunia U-20.

Sosoknya yang misterius menarik minat pecinta sepak bola Indonesia terhadap Ivar Jenner yang berkarier di Belanda dan memiliki garis keturunan Tanah Air.

Nama Ivar Jenner mendadak trending di Indonesia setelah Hassani Abdulgani selaku Komite Eksekutif (Exco) PSSI mengunggah pernyataan mengenai sosoknya.

Publik pun menduga petemuan yang dilakukan Hassani dan sang pemain guna menawarkan kesempatan dan kesediaan Ivar bermain untuk tim nasional Indonesia.

Berikut sederet fakta menarik mengenai Ivar Jenner yang disebut bakal membela timnas Indonesia di Piala Dunia U-20.

1. Incaran Sejumlah Klub Top Eropa

Diketahui dari video yang diunggah pada channel YouTube Yussa Nugraha pada Selasa (12/4/2022) Ivar Jenner diketahui tengah memperkuat FC Utrecht U-18.

Menariknya sebelum memperkuat FC Utrecht, Ivar Jenner merupakan pemain yang memperkuat Ajax Asterdam di level usia U-11 dan U-12.

Saat memasuki jenjang SMA, Ivar pindah ke Amsterdam dan pergi dari Ajax, hal itu membuatnya menjadi incaran banyak klub top seperti FC Utrecht dan PSV Eindhoven.

2. Alasan Gabung FC Utrecht

Jarak Ivar Jenner dengan FC Utrecht sangat menentukan keputusannya berkarier, menariknya alasan utama sang pemain bergabung adalah karena jarak rumahnya dekat dengan klub.

"Saya memutuskan untuk pindah dari Ajax. Setelah itu datang FC Utrecht dan PSV (Eindhoven). Pada akhirnya," ucap Ivar Jenner.

"Saya memilih FC Utrecht karena klubnya dekat dengan tempat tinggal saya. Saya tinggal di Ijsselstein. 20 menit menggunakan scooter (ke klub)." imbuhnya.

3. Posisi Asli

Lini  tengah menjadi area yang dikuasai Ivar Jenner, gelandang merupakan peran yang harus diemban sang pemain selama pertandingan.

Posisi yang sama di FC Utrecht U-18, memainkan peran nomor 10 adalah sesuatu yang sudah diimpikan Ivar Jenner sejak kecil.

"Saya bermain di gelandang kanan atau nomor 10, tetapi saya lebih banyak bermain di nomor 10. Di masa lalu, saya sering bermain sebagai gelandang kanan." ucap Ivar Jenner.

4. Awal Karier Ivar Jenner

Ivar Jenner harus melalui jalan berliku untuk bisa sampai ke tempat yang dicapainya saat ini, olahraga sudah menjadi aktivitas yang digeluti sejak belita.

Selain itu, karier sepak bola Ivar Jenner tak lepas dari peran sang ayah yang mendaftarkan di Talentday di Ajax.

"Waktu berusia 4 tahun, saya mulai bermain sepak bola di IJFC. Klub di Ijsselstein. Saya bermain di situ sampai umur 10 tahun," ucap Ivar Jenner.

"Setelahnya, ayah saya mendaftarkan saya untuk Talentday di Ajax. Mereka (pihak klub) memperhatikanku dan memberi kesempatan saya boleh trial 6 minggu.

"Namanya ATP (Ajax Talent Program). Setelah trial, saya diterima di Ajax dan bermain dua tahun di sana," imbuhnya.

5. Keturunan Indonesia

Keturunan Indonesia yang dimiliki Ivar Jenner berasal dari sang nenek, ibu dari ayahnya yang lahir di Jawa.

Tak heran mengapa Hassani Abdulgani mau menemui sang pemain, Ivar memiliki satu syarat pemain naturalisasi yang sudah dipenuhi.

"Ibu dari ayah saya atau Oma saya lahir di Jawa (jember). Jadi, ayah saya setengah Indonesia dan saya seperempat Indonesia," ujar Ivar.

"Ibu saya orangtuanya berasal dari Belanda. Jadi, sisi Belanda saya didapatkan dari ibu." imbuhnya.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

BACA SELANJUTNYA

Timnas Indonesia U-19 vs Thailand: Alfriyanto Nico Ingin Curi Tiga Poin