Husna Rahmayunita
Wasit terbaik Liga 1 2018 Thoriq Alkatiri (kiri) dan COO PT Liga Indonesia Baru Tigorshalom Boboy. (dok.PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)).

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut nama Thoriq Alkatiri saat melakukan pertemuan virtual dengan para wasit Liga 3.

Dalam acara tersebut, Iriawan mengungkapkan kekecewaannya dengan wasit yang dinilai tak berintergritas menjalankan tuhas.

Dia menyoroti pertandingan Liga 3 antara Farmel FC vs Persikota yang diwarnai keputusan kontroversial dari sang pengadil lapangan.

Baca Juga:
Kenang Momen Manis di Bernabeu, Neymar Opstimis Bawa PSG Singkirkan Real Madrid

Sebab menurutnya, kinerja wasit yang dinilai buruk berpengaruh dengan penilaian publik terhadap PSSI.

Saking kecewanya, Iriawan mengancam akan mendatangkan wasit dari luar negeri andai wasit lokal tak memperbaiki kinerja.

"Saya merasa terganggu dengan adanya masalah keputusan-keputusan kontroversial yang dibuat oleh para wasit yang bertugas. Bisa jadi opsinya saya mencari wasit-wasit lain dari luar negeri," kata Iriawan dikutip laman PSSI, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga:
Top Skor Liga Champions Terbaru: Lewandowski Teratas usai Hattrick ke Gawang RB Salzburg

"Saya tidak ingin dicap ada permainan di dalam PSSI. Bisa berubah kalian? Saya berdarah-darah dan jatuh bangun membangun sepak bola yang sempat berhenti nyaris dua tahun," imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga, pria yang karib disapa Iwan Bule itu menyebut nama wasit Thoriq Alkatiri. Baginya, Thoriq menjadi salah satu wasit Indonesia yang bisa menjadi panutan.

"Saya mohon ini diperbaiki. Karena saya kecewa. Jadi maaf saya bicara keras. Bisa berubah atau tidak? Kalau tidak, tak usah jadi wasit, cari nafkah dan kerjaan lain. Ambil contoh Thoriq (Alkatiri), dia bisa menjadi contoh dan panutan bagi kalian," tuturnya.

Baca Juga:
Tak Masalah Kalah dari Inter Milan, Klopp: yang Penting Lolos!

Thoriq Alkatiri merupakan wasit Indonesia yang sudah mengantongi lisensi FIFA. Debut Thoriq Alkatiri sebagai pengadil di pertandingan divisi teratas Liga Indonesia hadir pada 2012.

Saat itu Thoriq berusia 24 tahun, sehingga menjadi wasit paling muda di divisi utama. Di usianya yang menginjak 25 tahun, Thoriq dipercaya untuk memimpin laga final Piala Gubernur Jatim pada 2013.

Di tahun 2014, Thoriq mendapatkan lisensi sebagai wasit dari FIFA. Sejak  saat itu karier Thoriq sebagai pengadil di atas lapangan semakin melejit.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Liverpool vs Inter Milan di Liga Champions, The Reds Diprediksi Menang Lagi

Dia menjadi salah satu wasit Indonesia yang akhirnya bisa memimpin laga di Liga Champions Asia. Pria kelahiran 1988 itu ditunjuk oleh AFC untuk memimpin laga AFC Cup 2021 silam.

Load More