Irwan Febri Rialdi
Pelatih timns Indonesia, Luis Milla. (Sumber: PSSI.org).

Bolatimes.com - Mantan pelatih Timnas IndonesiaLuis Milla, belum lama ini bercerita ke salah satu media Spanyol, La Voz de Galicia, soal pengalamannya menjadi anak didik dari legenda Belanda, Johan Cruyff.

Menurut Milla, bahwa ia sangat beruntung bisa dilatih oleh sosok pelatih seperti Johan Cruyff.

"Ketika saya berusia 17 tahun, saya bermain di Teruel di Divisi Tiga. Seorang pencari bakat dari Barcelona dan seorang dari Valencia datang menemui saya. Yang dari Barca lebih cepat," urai Luis Milla.

Baca Juga:
Keren Nih, Bos Rans Cilegon FC dan Istri Jadi Cover Majalah Forbes

"Saya sangat beruntung (gabung ke Barca) karena saya ingin mendapatkan metode latihan baru. Saat itu, Barca memiliki empat pemain dari tim junior untuk masuk ke tim utama di pramusim,"

Dikisahkan oleh Milla, bahwa Johan Cruyff saat itu membutuhkan satu gelandang dari tim muda untuk kemudian ia mainkan di formasi 3-4-3 pada pramusim.

"Dia (Johan Cruyff) membutuhkan gelandang yang memiliki transisi cepat, yang tahu cara bermain dengan sedikit sentuhan dan disitulah saya mengaturnya. Cruyff selalu menjadi salah satu referensi hebat saya sebagai pelatih,"

Baca Juga:
Media Denmark Puji Kevin Diks sebagai Aset Terbesar FC Copenhagen

Setelah melewati masa-masa menimba ilmu di tim akademi, naik ke Barcelon C, lalu ke Barcelona B, pada 1984, Milla promosi ke tim utama Barcelona.

Menurut Milla, capaiannya itu tak lepas dari tangan dingin Cruyff. Namun Milla mengatakan bahwa ia pun harus hengkang ke Real Madrid pada 1990 karena Cruyff.

"Saya harus berterima kasih kepada Cruyff karena dia membuat saya bisa menjalani debut, tetapi saya juga meninggalkan Barcelona karena dia," ujar Luis Milla.

Baca Juga:
Piala AFF U-23 di Depan Mata, Malaysia Terpaksa Coret 4 Pemain

"Kami tidak bisa mencapai kesepakatan untuk pembaruan kontrak saya dan dia memahami bisnis (sepak bola) dengan caranya sendiri. Dia memisahkan saya dan meninggalkan saya tanpa diberi kesempatan untuk bermain," tuturnya menutup.

(Suara.com/Galih Prasetya)

Baca Juga:
Tendang dan Tempeleng Kucing, Kurt Zouma Resmi Diputus Adidas

Load More