Husna Rahmayunita
Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]

Bolatimes.com - Mantan pelatih Timnas Malaysia, B Satiananthan mengklaim skuad Harimau Malaya dilanda krisis striker ganas .

Tak jauh beda dengan keluhan yang disampaikan Shin Tae-yong saat Piala AFF 2020, di mana penyerang Timnas Indonesia disebut tumpul meski timnas mencetak sejumlah gol.

B Satianathan menyoroti kehadiran di pemain asing di liga. Menurutnya, pemain asing justru meredupkan performa penyerang lokal Malaysia.

Baca Juga:
Rival Timnas Indonesia, Laos Ingin Beri 'Kejutan' di Piala AFF U-23 2022

Ia menilai, Malaysia selayaknya mencontoh timnas lain seperti Thailand dan Indonesia yang tetap berprestasi walau diperkuat pemain asing.

Artinya, baik pemain asing maupun lokal solid mengantarkan tim meraih hasil terbaik di kejuaraan.

"Lihat saja liga-liga di Thailand dan Indonesia. Meski liga mereka dipenuhi banyak pemain asing, mereka masih bisa finis sebagai juara dan runner up pada Piala AFF tahun lalu," ujarnya seperti dikutip dari New Strait Times, Kamis (3/2/2022).

Baca Juga:
Cerita Kocak Julian Nagelsmann, Ngigau Panggil Nama Pemain saat Tidur

Tak hanya Thailand dan Indonesia, Skuad Harimau Malaya disarankan berkiblat ke Jepang dan Korea Selatan yang juga tampil bagus.

Ekspresi kegembiraan winger Timnas Malaysia, Safawa Rasid usai menjebol gawang Timnas Indonesia dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019) malam WIB. [KAMARUL AKHIR / AFP]

"Di liga Jepang dan Korea, sebagian besar pemain lokal memulai pertandingan, sementara pemain asing masuk sebagai pemain pengganti,"

"Jepang dan Korea bekerja keras untuk mencapai level tertentu. Para pemain kami harus bekerja lebih keras, dan itu adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari semua orang dalam sepak bola modern," imbuhnya.

Baca Juga:
Ranking FIFA Naik, Timnas Indonesia Samai Torehan Korea Selatan

Walau begitu, B Satianathan mengatakan sebenarnya Malaysia memiliki striker lokal yang berkualitas seperti Luqman Hakim Shamsudin.

Namun, kata dia, striker lokal Malaysia harus meningkatkan diri agar mampu bersaing dengan pemain asing.

"Kita harus berhenti mengatakan bahwa pemain lokal tidak diberi kesempatan untuk bermain sepak bola reguler. Menghentikan pemain asing bermain di liga tidak akan membantu kompetisi," pungkasnya.

Baca Juga:
Efek Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Samai Korea Selatan dalam Ranking FIFA

Load More