Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Beberapa pemain Timnas Indonesia dinilai punya kualitas dan potensi untuk bermain di luar negeri usai mentas pada gelaran Piala AFF 2020.

Pelatih Shin Tae-yong pun menyuarakan agar para pemain Indonesia keluar dari zona nyaman dengan menantang diri bermain di klub luar negeri. Setidaknya ada tiga destinasi yang disarankan Shin, yaitu Jepang, Korea Selatan, dan Eropa.

Saran pelatih asal Korsel tersebut hadir setelah Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2020. Mayoritas pemain muda yang dibawa Shin, tak mampu mengungguli Thailand yang keluar sebagai juara.

Baca Juga:
Profil Dedik Setiawan, Striker Timnas Indonesia yang Ramai Dikritik Netizen

Shin mengaku tak kecewa, dia justru opstimis dengan para pemain yang dinilainya bakal bisa berkembang. Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang layak bermain di luar negeri? Berikut Bolatimes sudah merangkumnya. 

1. Ricky Kambuaya

Pemain timnas Indonesia Ricky Kambuaya (kanan) merayakan golnya pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Thailand di Stadion Nasional Singapura pada 1 Januari 2022. Roslan RAHMAN / AFP.

Peraih Man of The Match di leg kedua final Piala AFF 2020 ini memang sangat layak untuk bermain di luar negeri. Penampilannya yang konsisten sepanjang turnamen menjadi bukti kualitas pemain kelahiran Sorong, Papua, tersebut. 

Baca Juga:
4 Pemain Dilarang Main di Final Piala AFF, PSSI juga Didenda Rp 109 Juta

Ricky Kambuaya sendiri saat ini berstatus sebagai pemain Persebaya Surabaya, namun pemain berusia 25 tahun ini mengaku siap jika ada kesempatan bermain di luar negeri.

"Kalau ada peluang dibawa Coach Shin ke luar (negeri) tentunya akan lebih baik untuk karier saya ke depannya," ujar Ricky setelah partai leg kedua final Piala AFF 2020.

2. Pratama Arhan

Baca Juga:
Momen Lagu 'Lagi Syantik' Diputar di Final Piala AFF 2020, Suporter Joget

Aksi Pratama Arhan saat Timnas Indonesia mengalahkan Singapura 4-2 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Terpilih sebagai pemain muda terbaik di Piala AFF 2020 jelas menjadi bukti bahwa Pratama Arhan punya potensi besar di usianya yang masih 20 tahun. 

Dengan usia yang masih sangat muda, bek milik PSIS Semarang itu menjadi tulang punggung sisi kiri pertahanan Indonesia. Beberapa kabar menyoal kesempatan bermain di luar negeri pun sudah muncul.

Salah satunya klub yang dikabarkan bisa menjadi destinasi selanjutnya Pratama Arhan adalah tim divisi teratas Korea Selatan, Seongnam FC.

Baca Juga:
Puji Pratama Arhan, Legenda Singapura: Kamu akan Jadi Pemain Kelas di Asia

3. Alfeandra Dewangga

Aksi Alfeandra Dewangga saat laga Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Sama-sama masih berusia 20 tahun, Alfeandra Dewangga yang merupakan rekan satu tim Pratama Arhan di PSIS adalah pemain Timnas Indonesia yang layak mentas di luar negeri. 

Dia tampil mengesankan sepanjang turnamen, baik sebagai bek tengah maupun dipasangkan sebagai gelandang bertahan.

Rumor juga menyebutkan bahwa Alfeandra Dewangga diincar klub Korea Selatan.

4. Rachmat Irianto

Pemain timnas Indonesia Rachmat Irianto (kiri) berebut bola dengan pemain Thailand Chanathip Songkrasin pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Thailand di Stadion Nasional Singapura pada 1 Januari 2022.Roslan RAHMAN / AFP.

Pemain Indonesia berikutnya yang layak bermain di luar negeri adalah Rachmat Irianto. Putra dari legenda sepak bola Indonesia dan Persebaya Surabaya, Bejo Sugiantoro, itu menunjukkan penampilan apik sepanjang Piala AFF 2020.

Dengan usia yang masih 22 tahun, sosok yang akrab disapa Rian tersebut punya waktu yang panjang untuk meningkatkan kualitas dengan berkarier di luar negeri. 

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More