Irwan Febri Rialdi
Pemain veteran Timnas Thailand, Teerasil Dangda saat berlaga di Piala AFF 2020. (AFP/Roslan Rahman)

Bolatimes.com - Serangkaian rekor fantastis menanti Timnas Thailand di Piala AFF menjelang Indonesia di leg kedua final kompetisi antar negara-negara Asia Tenggara itu.

Dengan kemenangan 4-0 di leg pertama, timnas Thailand dinilai punya kans sangat besar untuk merebut gelar Piala AFF 2020 dan leg kedua bisa dijadikan The War Elephants untuk mengukir rekor baru.

Piala AFF diadakan untuk pertama kalinya pada tahun 1996. Setelah 25 tahun dengan 13 turnamen digelar, Thailand memiliki banyak rekor dan mereka berkesempatan untuk menambahnya.

Baca Juga:
Cara Madam Pang Semangati Timnas Thailand, Bagi Doorprize hingga Bonus

Melansir Soha, setidaknya ada enam rekor yang menunggu Thailand jelang leg kedua final Piala AFF 2020. Mampukah timnas Indonesia membendungnya?

Publik Tanah Air masih percaya Skuad Garuda bisa membalikan keadaan meskipun kemungkinannya cukup kecil.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali turut memahami hal itu dan hanya berharap Pratama Arhan dan kawan-kawan bisa tampil lepas dan meraih kemenangan berapapun di leg kedua.

Baca Juga:
Piala AFF U-23 2022, Timnas Indonesia Tanpa Pemain yang Luar Negeri

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga tak menampik bahwa misi timnya membalikan keadaan tidaklah mudah. Menang besar menghadapi salah satu tim terbaik di Asia Tenggara bukanlah hal yang mudah.

"Untuk leg kedua memang harus menang dengan skor yang lumayan banyak. Tetapi yang lebih penting harus lebih tenang dalam bermain," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual, Jumat (31/12/2021).

Leg kedua final Piala AFF 2020 akan berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, pada Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

Baca Juga:
Waspadai Comeback Timnas Indonesia, Thailand Pantang Main Bertahan di Leg 2

Berikut rekor-rekor yang bisa diukir timnas Thailand di leg kedua final Piala AFF 2020:

  1. Thailand akan menjadi negara dengan gelar juara terbanyak dalam sejarah Piala AFF: 6 kali (1996, 2000, 2002, 2014, 2016, 2020).
  2. Jika mereka mencetak gol di leg kedua, Thailand akan memecahkan rekornya sendiri sebagai negara dengan gol terbanyak di final Piala AFF. Sekarang, Thailand memegang rekor 4 gol yang dicetak di final Piala AFF 2000.
  3. Alexandre Polking bisa menjadi pelatih Amerika Selatan pertama yang berhasil memenangi Piala AFF.
  4. Thailand akan memiliki bintang yang memenangkan penghargaan Pemain Terbaik AFF terbanyak dalam sejarah jika Chanathip Songkrasin yang terpilih. Saat ini, Chanathip sudah meraih dua penghargaan Pemain Terbaik (2014, 2016).
  5. Jika mencetak gol di leg kedua, Teerasil Dangda akan memecahkan rekornya sendiri untuk gol terbanyak di Piala AFF (saat ini 19 gol). Selain itu, Dangda akan mencetak rekor baru yakni 4 kali meraih gelar Top Skor Piala AFF setelah 2008, 2012, 2016.
  6. Akan ada 6 pemain Thailand peraih gelar Piala AFF terbanyak (3 kali), yaitu Kiatisuk, Dusit Chalermsaen, Worawut Srimaka, Surachai Jaturapattarapong, Kawin Thamsatchanan, Sarach Yooyen dan Chanathip Songkrasin.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Baca Juga:
Eko Purdjianto Beberkan Kunci Persis Solo Juarai Liga 2

Load More