Rauhanda Riyantama
Suasana ruang ganti timnas Indonesia sebelum laga melawan Vietnam. (YouTube/PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia sukses membungkam Malaysia di laga pemungkas Grup B Piala AFF. Sebelum laga, pelatih skuat Garuda, Shin Tae-yong, membongkar kelemahan tim Harimau Malaya.

Adapun laga di National Stadium, Singapura, pada Minggu (18/12) lalu, rampung dengan skor 4-1. Dengan hasil itu, Evan Dimas dan kolega mengunci satu tempat di semifinal dengan status juara grup.

Pada laga itu, Timnas Indonesia memang tampil trengginas. Malaysia memang unggul lebib dulu, namun laga akhirnya berkesudahan untuk kemenangan meyakinkan buat Indonesia.

Baca Juga:
Singapura Kenang Momen Manis saat Kalahkan Indonesia di Semifinal Piala AFF

Hasil ini, seperti narasi di paragraf awal, tak lepas dari apiknya Shin dalam membaca kelemahan lawan. Berikut, 4 poin kunci kemenaangan Indonesia atas Malaysia.

"(Pemain) Nomor 2 (Dion Cools) baru datang, jadi mudah capek dan 30 menit sudah habis (kelelahan). Nomor 5 (Junior Eldstal) dan 8 (Baddrol Bakhtiar) tak punya kecepatan. Drible sekali ajak sprint pasti lewat,” kata Shin Tae-yong yang diterjemahkan Jeong Seok-seo, kanal Youtube PSSI. 

“Main agak melebar, incar sisi kiri karena mereka tak bisa kaki kiri. Main agresif, incar ruang kosong di belakang,” lanjut Shin.

Baca Juga:
Tak Gentar, Pelatih Singapura Optimis Hadapi Timnas Indonesia

Instruksi Shin kemudian diimplementasikan oleh para pemain. Asnawi Mangkualam dan kolega sukses mencetak gol pembuka via tepi sayap yang jadi titik lemah skuat Harimau Malaya.

Seturut kemudian, untuk gol kedua, juga lahir dari tepi sayap. Pratama Arhan yang melakukan akselerasi, sukses merangsek ke pertahanan Malaysia dan disudahi dengan finising ciamik oleh Irfan Jaya.

SUntuk gol ketiga Timnas Indonesia, juga berawal dari sayap. Saat itu, Irfan Jaya memberikan umpan yang langsung ditembak Pratama Arhan dari luar kotak penalti. 

Baca Juga:
Mengenang Pembekuan QNB League, Kompetisi Teratas Indonesia pada 2015

Untuk yang terakhir, Elkan Baggott yang mencetak gol lewat sundulan, sukses menerima umpan sepak pojok Evan Dimas.  Alhasil, Timnas Indonesia menang 4-1 atas Malaysia dan lolos ke semifinal Piala AFF 2020 lewat status juara Grup B. 

Di semifinal Piala AFF 2020, Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura. Pertandingan digelar tepatnya pada 22 dan 25 Desember 2021 mendatang.

Baca Juga:
Bek Singapura Harus Mengakhiri Perjalanannya di Piala AFF 2020 Lebih Cepat

Kontributor: Kusuma Alan
Load More