Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto
FA Singapura kenang momen manis saat kalahkan timnas Indonesia. (Instagram/fasingapore)

Bolatimes.com - Jelang menghadapi timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Asoiasi Sepak Bola Singapura (FAS) menebar ancaman. Mereka membagikan kenangan manis saat timnasnya mengalahkan tim Garuda.

Melalui akun Instagram resminya pada Selasa (21/12/2021), FAS membagikan kenangan manis saat berjumpa timnas Indonesia di babak semifinal Piala AFF tahun 1998 silam. Saat itu, Piala AFF masih dikenal dengan Piala Tiger.

Dari keterangan yang dituliskan, laga itu adalah satu-satunya pertemuan antara Indonesia dan Singapura di babak semifinal Piala AFF.

Baca Juga:
Klopp Ogah Rekrut Pemain yang Belum Divaksi di Bursa Transfer Januari

"Kembali ke satu-satunya kita bertemu Indonesia di babak semifinal Piala AFF. Kemenangan pada tahun 1998 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam," tulis FAS di postingannya.

FA Singapura kenang momen manis saat kalahkan timnas Indonesia. (Instagram/fasingapore)

Dalam laga tersebut, Singapura sendiri mampu meraih kemenangan dengan skor 2-1. Dua gol The Lions dicetak oleh Rafa Ali dan Nazri Nasir.

Sedangkan timnas Indonesia yang saat itu masih diperkuat para legenda seperti Widodo C Puto, Bima Sakti, dan Uston Nawawi harus menyerah. Sebab skuat Garuda hanya bisa membalas dua gol Singapura lewat MIrobaldo Bento saja.

Baca Juga:
Diserang Wabah Covid-19, Klub Inggris Sepakat Kompetisi Tetap Lanjut

Nah, dalam gelaran Piala AFF 1998 itu sendiri, Singapura berhasil mengunci gelar juara. Di babak final The Lions mengalahkan tuan rumah Vietnam.

Singapura menang dengan skor tipis 1-0 atas Vietnam. Gol semata wayang yang bersejarah itu dicetak oleh R. Sasikumar.

Sementara timnas Indonesia mampu meraih juara ketiga usai mengalahkan Thailand. Pertandingan melawan tim Gajah Perang sejatinya berakhir imbang 3-3 di waktu normal.

Baca Juga:
Diserang Netizen karena Aksinya Pamer Kemaluan, Ini Respons Patrich Wanggai

Tiga gol Indonesia dicetak oleh Kurniawan Dwi Yulianto, Aji Santoso, serta Yusuf Ekodono. Di sisi lain, Thailand membalasnya lewat Chaichan Knewsen, Worrawoot Srimaka, dan Kowit Foythong.

Sehingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti. Dalam adu tos-tosan itu, skuat Garuda menang dengan 5-4 dari Thailand.

Kali ini timnas Indonesia akan bertemu lagi melawan Singapura di babak yang sama, yakni semifinal Piala AFF.

Baca Juga:
Kisah Haru Ibu Pratama Arhan, Jualan Sayur hingga Utang Demi Karier Anaknya

Akankah dejavu bakal terjadi bagi The Lions, atau timnas Indonesia akan mematahkannya demi mengukir sejarah di Piala AFF 2020.

Load More