Irwan Febri Rialdi
Pelatih Shin Tae-yong saat memantau skuad Timnas Indonesia U-18 menjalani internal game (dok. PSSI).

Bolatimes.com - Performa Timnas Indonesia tidak memuaskan Shin Tae-yong meski sukses mengalahkan Kamboja dengan skor 4-2 pada pertandingan perdana di Grup B Piala AFF 2020.

Bahkan, Shin Tae-yong menganggap performa skuad Garuda di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB belum sampai 50 persen alias masih jauh dari harapannya.

Pelatih asal Korea Selatan itu melihat masih banyak kesalahan yang dilakukan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan di pertandingan tersebut.

Baca Juga:
Tertekan di Babak Kedua, Shin Tae-yong Sebut Pemain Remehkan Kamboja

Timnas Senior Indonesia disebutnya juga seperti meremehkan lawan.

"Memang kami bisa cetak sampai empat gol. Tapi ini permainan yang saya mau hanya 50 persen, mungkin tidak sampai," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/12/2021) malam.

"Performa kami belum 100 persen dari yang bisa kami suguhkan. Jadi, saya akan bicara dengan para pemain agar mereka lebih paham apa yang saya mau. Saya yakin kami masih bisa jauh lebih baik lagi di laga-laga Grup B ke depan," celotehnya.

Baca Juga:
Klasemen Grup B Piala AFF 2020 usai Timnas Indonesia dan Malaysia Menang

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [dok. PSSI]

Shin Tae-yong sadar timnya masih punya pekerjaan rumah yang harus segera diperbaiki. Apalagi lawan-lawan kuat sudah menanti di depan seperti Vietnam dan Malaysia.

"Jadi memang nanti khusus untuk lawan Vietnam dan Malaysia, akan dibahas taktik dan strategi untuk hadapi lawan-lawan seperti itu," jelas Shin Tae-yong.

Di Bishan Stadium, Timnas Indonesia sejatinya sudah sempat unggul jauh 3-0 di 35 menit awal pertandingan.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF 2020: Malaysia Hajar Laos, Indonesia Menang Perdana

Gol pertama Indonesia diciptakan oleh Rachmat Irianto pada menit keempat, lalu kapten Evan Dimas (17'). Kemudian, Irianto mencetak gol keduanya di laga ini (33').

Gol keempat skuad Garuda sendiri lahir lewat Ramai Rumakiek (54'), setelah Kamboja sempat memperkecil skor via Yue Safy (37').

Gol Prak Mony Udom (60'), yang merupakan gol kedua Kamboja, lantas membuat Indonesia cukup was-was. Beruntung, keunggulan 4-2 bisa dipertahankan sampai laga rampung.

Baca Juga:
Hajar Kamboja 4-2, Indonesia Petik Kemenangan Perdana di Piala AFF 2020

Secara khusus Shin Tae-yong angkat topi untuk Evan Dimas. Menurutnya, penggawa Bhayangkara FC yang juga kapten Timnas Indonesia itu sudah memberikan penampilan terbaik di laga kontra Kamboja.

"Memang Evan Dimas kapten dan banyak pengalaman di laga besar atau internasional. Saya percaya Evan dapat berperan baik untuk tim, untuk terus maju ke depan," ucap Shin Tae-yong.

"Pemain seperti ini harus memimpin tim untuk mewujudkan target ke depannya. Dia salah satu yang terbaik," puji pelatih 52 tahun tersebut.

Berikutnya Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Laos pada laga kedua mereka di Grup B. Pertandingan akan berlangsung di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021) sore WIB.

(Suara.com)

Load More