Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat konferensi pers virtual jelang bergulirnya Piala AFF 2020, Sabtu (4/12/2021) (tangkapan layar zoom Piala AFF 2020)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia mengalahkan Kamboja dengan skor 4-2 dalam laga perdana di Grup B Piala AFF 2020. Meski demikian, pelatih skuad Garuda, Shin Tae-yong, cukup geram dengan sikap para pemain yang seperti meremehkan lawan.

Menurut Shin Tae-yong, lantaran menyepelekan lawan itulah yang membuat Timnas Senior Indonesia kecolongan dua gol dari Kamboja di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB.

Padahal, Indonesia sejatinya sudah sempat unggul jauh 3-0 di 35 menit awal pertandingan.

Baca Juga:
Klasemen Grup B Piala AFF 2020 usai Timnas Indonesia dan Malaysia Menang

Gol pertama Indonesia diciptakan oleh Rachmat Irianto pada menit keempat, lalu Evan Dimas Darmono (17'). Kemudian, Irianto mencetak gol keduanya di laga ini (33').

Gol keempat skuad Garuda sendiri lahir lewat Ramai Rumakiek (54'), setelah Kamboja sempat memperkecil skor via Yue Safy (37').

Gol Prak Mony Udom (60'), yang merupakan gol kedua Kamboja, lantas sempat membuat Indonesia cukup was-was. Beruntung keunggulan 4-2 mampu dipertahankan sampai laga rampung.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF 2020: Malaysia Hajar Laos, Indonesia Menang Perdana

Bek sayap Timnas Indonesia, Pratama Arhan (kanan) berebut bola dengan pesepakbola Kamboja, Sieng Chantea dalam pertandingan Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB. [ANTARA FOTO/Humas PSSI]

"Laga pertama di sebuah turnamen memang selalu sulit. Setelah babak pertama, pemain seperti anggap lawan mungkin terlalu mudah. Ini sangat disayangkan, karena ini membuat kami susah sendiri," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/12/2021) malam.

"Kami juga sebelum ini ada TC di tempat lumayan sejuk (Turki). Setelah ke Singapura, cuaca panas, jadi kami perlu sedikit adaptasi lagi," kilah pelatih berpaspor Korea Selatan itu.

"Secara kondisi sangat down. Jadi memang ada beberapa bagian yang harus diperbaiki."

Baca Juga:
Hajar Kamboja 4-2, Indonesia Petik Kemenangan Perdana di Piala AFF 2020

Lebih lanjut Shin Tae-yong menjelaskan Evan Dimas dan kawan-kawan seperti kehilangan fokus saat sudah unggul jauh. Ia melihat tim asuhannya meremehkan lawan yang malah membuat Indonesia kerepotan.

"Dengan alasan skor jauh juga jadi para pemain kami menganggap lawan mudah. Ini memang kesalahan pemain kami. Ini yang harus diperbaiki oleh kami, masalah seperti ini," ucap Shin Tae-yong.

Meski begitu, Shin Tae-yong angkat topi untuk perjuangan para pemain. Menurutnya, para penggawa Timnas Indonesia sudah memberikan yang terbaik.

Baca Juga:
Safawi Rasid Jadi Pemain Pertama yang Cetak Hattrick di Piala AFF 2020

"Saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada para pemain atas kemenangan pertama. Ke depannya akan lebih baik lagi dari ini, saya percaya," pungkasnya.

Berikutnya Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Laos pada pertandingan kedua mereka di Grup B. Pertandingan akan berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021) sore WIB.

Load More