Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memimpin latihan di Stadion Madya, Jakarta. (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timbas Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengungkapkan bahwa Shin Tae-yong telah membawa perubahan positif di kubu Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dan Malaysia akan berada satu grup di Piala AFF 2020. Mereka tergabung di Grup B Piala AFF bersama Vietnam, Kamboja, dan Laos.

Mengetahui hasil undian ini, Tan Chen Hoe mengungkapkan bahwa lawan Malaysia tak jauh berbeda di Piala AFF 2018 lalu. Memang pada 2018 lalu, Malaysia segrup dengan Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan Laos.

Baca Juga:
Aksi Gemilang Kiper Pelapis Liverpool, Selamatkan Penalti dengan 'Rabona'

Bedanya pada Piala AFF 2020 kali ini posisi Myanmar digantikan oleh Timnas Indonesia yang notabene musuh bebuyutan. Jadi, Cheng Hoe mengaku sudah melihat lawan-lawannya.

Pelatih berusia 53 tahun ini juga menegaskan bahwa skuat Harimau Malaya harus fokus kepada semua lawan, meski Vietnam diprediksi akan menjadi yang terberat.

"Kita tidak hanya fokus lawan Vietnam saja, sebaliknya kita tahu Indonesia adalah musuh bebuyutan. Kamboja juga tidak boleh dipandang remeh karena mereka punya pemain berbakat," ucap Cheng Hoe dikutip dari BHarian.com pada Rabu (22/9/2021).

Baca Juga:
Di Balik Kemenangan Dramatis Leeds, Ada Daniel James yang Bucin ke Istri

Tan Cheng Hoe juga menyoroti dampak positif yang telah dibawa pelatih Shin Tae-yong ke skuat Garuda. Dia menyebut taktik Indonesia sudah membaik dan perlu mewaspadai para pemain muda.

Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai berhasil membobol gawang Thailand di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, UEA, Kamis (3/6/2021). (Dok. PSSI).

"Indonesia sejak kebelakang ini ada di bawah pelatih baru. Ada perubahan yang baik dari segi taktikal dan mereka juga membawa pemain muda yang bertenaga," tegasnya.

Maka dari itu, Cheng Hoe akan melihat performa untuk dipanggil ke timnas. Dia juga menegaskan bakal menanamkan ke anak asuhnya untuk fokus ke semua lawan yang tergabung di Grup B Piala AFF 2020.

Baca Juga:
Gajinya Tak Banyak, Bos Persis Solo Kasihani Kakaknya yang Jadi Wali Kota

Sementara itu, Piala AFF 2020 rencananya akan digelar pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Namun, belum diketahui negara mana yang menjadi tuan rumah karena situasi pandemi COVID-19 yang masih sama-sama tinggi. AFF akan mengumumkannya di kemudian hari.

Baca Juga:
Bantu Granada Imbangi Barcelona, Anak Eks Pelatih Timnas Indonesia Disorot

Load More